Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2022, 20:52 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

NABLUS, KOMPAS.com - Ibrahim al-Nabulsi, komandan senior Brigade Martir Al-Aqsa Palestina, tewas dalam serangan pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki pada Selasa (8/9/2022).

Dia merupakan satu dari tiga orang tewas, ketika pasukan Israel menyerbu kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki, yang juga membuat 69 orang lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: Israel Serbu Tepi Barat, 2 Orang Palestina Tewas, 30 Terluka

"Teroris Ibrahim al-Nabulsi tewas di kota Nablus," kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa "teroris lain yang tinggal di rumah itu" juga tewas sebagaimana dilansir AFP.

Pasukan Israel mengatakan mereka meluncurkan rudal yang ditembakkan dari bahu ke rumah itu dan menahan empat tersangka dalam serangan itu.

Nabulsi adalah seorang komandan kelompok bersenjata palestina Brigade Martir Al-Aqsa, salah satu kelompok militan utama yang hadir di Tepi Barat yang beroperasi di bawah partai Fatah yang berkuasa.

Setelah serangan mematikan itu, kelompok militan mengatakan "responsnya akan sesuai dengan kejahatan".

Ratusan orang berkumpul di luar rumah sakit Nablus di mana Nabulsi dibawa oleh belasan pria bersenjata, seorang koresponden AFP melaporkan.

Kekerasan terbaru terjadi dua hari setelah pertempuran mematikan antara Israel dan militan Jihad Islam di daerah kantong pantai Gaza dihentikan dengan gencatan senjata.

Asap mengepul di atas gedung selama operasi tentara Israel di kota Nablus, Tepi Barat, Selasa, 9 Agustus 2022. (AP Photo/Majdi Mohammed)AP PHOTO/MAJDI MOHAMMED Asap mengepul di atas gedung selama operasi tentara Israel di kota Nablus, Tepi Barat, Selasa, 9 Agustus 2022. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Baca juga: Pejabat Palestina Tewas Ditembak Saat Shalat di Kamp Lebanon

Di kota tua Nablus, seorang koresponden AFP melaporkan warga Palestina saling tembak-menembak dengan pasukan keamanan Israel.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan petugas medisnya merawat 69 orang, karena luka tembak di seluruh wilayah Nablus. Setidaknya empat dari mereka dalam kondisi kritis.

Remaja terbunuh

Kementerian kesehatan Palestina menyebut mereka yang tewas adalah Nabulsi, Islam Sabbouh dan Hussein Taha.

Jamal Taha mengatakan putranya yang berusia 16 tahun terbunuh saat mereka sedang berjalan ke tempat kerja.

"Tentara berada di kota tua. Anak saya mendahului saya ke pasar, dia membawa makanannya. Terjadi penembakan dan empat dari kami terluka," katanya kepada AFP.

Baca juga: Israel-Jihad Islam Palestina Sepakati Gencatan Senjata di Gaza

Tembakan berat terdengar saat puluhan kendaraan militer Israel membuat lalu lintas di salah satu kota terbesar di Tepi Barat terhenti.

Bentrokan dengan tentara Israel juga pecah di bagian lain kota, ketika warga Palestina melemparkan batu ke arah tentara.

Warga Palestina membawa seorang pengunjuk rasa yang terluka selama bentrokan dengan tentara Israel saat pasukan melakukan operasi di kota Nablus, Tepi Barat, Selasa, 9 Agustus 2022.AP PHOTO/MAJDI MOHAMMED Warga Palestina membawa seorang pengunjuk rasa yang terluka selama bentrokan dengan tentara Israel saat pasukan melakukan operasi di kota Nablus, Tepi Barat, Selasa, 9 Agustus 2022.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com