Kompas.com - 27/06/2022, 12:03 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kelompok veteran bernama The Walter Mitty Hunters Club mengungkap adanya sukarelawan yang menyamar sebagai pasukan perang Inggris dan membahayakan tentara Ukraina yang sebenarnya karena tidak memiliki pengalaman militer.

Mirror pada Sabtu (25/6/2022) melaporkan bahwa Ukraina mendeportasi puluhan tentara gadungan tersebut.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-123 Serangan Rusia ke Ukraina, Rusia Serang Perumahan Kyiv, Pemimpin G7 Mengolok-olok Putin

Tindakan itu dilakukan setelah terungkap bahwa mereka berbohong dan hanya terbawa histeria perang Rusia Ukraina, padahal tidak memiliki pengalaman militer.

Salah satu di antara mereka yang dikeluarkan dari negara itu adalah relawan Inggris yang membanggakan diri memiliki karir militer heroik.

Beberapa bahkan meminta sumbangan di halaman Go Fund Me, situs penggalangan dana massal, dengan mengklaim bahwa mereka membutuhkan uang tunai untuk terus memerangi Rusia.

Penipuan itu dilakukan bahkan setelah tentara gadungan itu kembali ke Inggris.

Yang lain, menggunakan foto palsu diri mereka memegang senapan airsoft pellet dan mengklaim bahwa itu diambil di Ukraina.

Masalah ini terungkap ketika kelompok veteran The Walter Mitty Hunters Club dihubungi oleh mantan tentara asli Inggris yang bertempur di negara itu.

Dia melaporkan bagaimana pasukan gadungan itu mencederai operasi sesungguhnya di medan perang Rusia-Ukraina yang sangat tegang.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Jokowi Akan Kunjungi Ukraina dan Rusia | Gempa Afghanistan Tewaskan 1.000 Orang

Istilah "Walter Mitty" sendiri berasal dari cerita pendek Amerika tentang Walter Mitty - seorang pria membosankan yang memiliki lamunan yang jelas bahwa dia adalah pahlawan perang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.