2.000 Migran dari Maroko Serbu Wilayah Enklave Spanyol Picu Bentrokan Berdarah, Tewaskan Puluhan Jiwa

Kompas.com - 27/06/2022, 10:20 WIB

NADOR, KOMPAS.com - Upaya besar-besaran para migran untuk menyerbu penghalang antara Maroko dan wilayah enklave Spanyol Melilla mengakibatkan "kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya", yang menewaskan sedikitnya 23 orang Afrika sub-Sahara.

Insiden tersebut telah memicu kekhawatiran akan hal yang lebih buruk mungkin masih akan terjadi.

"Itu seperti perang, kami memegang batu, batu kecil, untuk melawan militer Maroko, yang memukuli kami dengan cara apa pun, dengan tongkat," kata seorang migran Sudan berusia 20 tahun di pusat penahanan dalam Melilla sebagaimana dilansir AFP.

Baca juga: Membaca Kesepakatan Perlindungan TKI Terbaru Indonesia-Malaysia, Menguntungkan Pekerja Migran?

"Saya memanjat pagar, tetapi seorang penjaga Maroko memukul tangan saya. Saya jatuh pingsan di sisi Spanyol, di mana saya dipukuli oleh pasukan Spanyol," kata yang lain.

Mereka termasuk di antara 2.000 migran yang pada Jumat (24/6/2022) menyerbu perbatasan yang dijaga ketat antara wilayah Nador di Maroko dan daerah kantong Melilla.

Setidaknya 23 migran tewas dan 140 petugas polisi terluka, menurut pihak berwenang Maroko - korban terberat atas upaya serupa dalam beberapa tahun.

Banyak migran, seringkali dari zona yang dilanda perang seperti wilayah Darfur di Sudan, telah menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun di bawah kondisi genting dan berbahaya di hutan terdekat Gourougou.

Mereka memberanikan diri untuk dipukuli dan ditangkap dalam berbagai upaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di Spanyol.

Tetapi para pengamat mengatakan upaya terbaru itu belum pernah terjadi sebelumnya dilihat dari tingkat kekerasan yang terjadi.

“Ini pertama kalinya kami melihat tingkat kekerasan oleh para migran itu sendiri terhadap pasukan keamanan,” kata Omar Naji dari kantor kelompok hak AMDH Nador sebagaimana dilansir AFP pada Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Kapal Migran Tenggelam di Yunani, 16 Orang Tewas

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.