Kompas.com - 27/06/2022, 11:32 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Kabar dari perang Ukraina terkini, Rusia pada Minggu (26/6/2022) mengatakan bahwa pasukannya menghancurkan pabrik senjata di Kyiv dan tiga pusat pelatihan militer.

Ketiga pusat pelatihan militer itu terletak di utara dan barat Ukraina, termasuk satu di dekat perbatasan Polandia.

Serangan Rusia dalam perang Ukraina terkini tersebut terjadi hanya beberapa hari menjelang KTT G7 di Jerman pada Minggu (26/6/2022) dan KTT NATO di Madrid tanggal 28-30 Juni.

Baca juga: Setelah Kuasai Severodonetsk, Apa Target Serangan Rusia ke Ukraina Selanjutnya?

Bombardir dilakukan dengan senjata presisi tinggi dari pasukan kedirgantaraan Rusia dan rudal Kalibr, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dikutip dari AFP.

Target Rusia dalam perang Ukraina terkini salah satunya pelatihan militer pasukan Ukraina di distrik Starychi, wilayah Lviv, sekitar 30 kilometer dari perbatasan dengan Polandia negara anggota NATO.

Sebanyak dua pusat pelatihan lainnya yang dihancurkan Rusia berada di wilayah Zhytomyr (Ukraina tengah) dan Chernihiv (Ukraina utara).

Namun, Konashenkov tidak mengatakan kapan atau dari mana rudal itu ditembakkan.

Sebelumnya, Kyiv pada Sabtu (25/6/2022) mengatakan bahwa Rusia melakukan serangan dari negara tetangga Ukraina di utara yaitu Belarus. Moskwa belum mengomentari klaim tersebut.

Setelah serangan, beberapa brigade Ukraina "benar-benar kehilangan kemampuan tempur mereka," kata Konashenkov seraya menambahkan bahwa "rencana untuk menempatkan mereka di zona pertempuran digagalkan".

Baca juga:

Dalam foto selebaran ini oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia yang dirilis pada hari Sabtu, 25 Juni 2022, beberapa peluncur roket militer Rusia menembakkan roket ke pasukan Ukraina di lokasi yang dirahasiakan. RDMPS via AP PHOTO Dalam foto selebaran ini oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia yang dirilis pada hari Sabtu, 25 Juni 2022, beberapa peluncur roket militer Rusia menembakkan roket ke pasukan Ukraina di lokasi yang dirahasiakan.
Serangan itu menjadi pengingat bahwa Rusia dapat menyerang bagian mana pun dari Ukraina, bahkan meski sebagian besar operasinya sekarang berlangsung di timur dan selatan negara itu.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.