Kompas.com - 25/06/2022, 07:01 WIB

 

MAKIUANT, KOMPAS.com - Sebuah bus chiva berwarna cerah bergoyang-goyang, menggesek ranting pohon di kedua sisinya ketika melewati jalan tanah yang sempit di pegunungan Cordillera del Condor, Amazon bagian selatan, Ekuador.

Wilayah itu terentang sekitar 150 km di sepanjang perbatasan dengan Peru, terkenal akan kekayaan hayatinya, dan memiliki cadangan emas dan tembaga yang besar.

Logam-logam berharga itulah yang diperebutkan kedua negara selama setengah abad hingga sebuah perjanjian perbatasan dicapai pada 1998.

Baca juga: Demo Terus Berlangsung dan Ibu Kota Diblokade, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Sekarang wilayah itu penuh dengan konflik, saat orang-orang suku Shuar berjuang melindungi tanah, hutan, dan sungai mereka dari bisnis pertambangan Ekuador yang menggurita.

Sejak 2019, Maikiuant, sebuah komunitas dari sekitar 50 keluarga Shuar, telah berusaha mencegah rencana Solaris Resources untuk membuka tambang tembaga di lokasi yang jaraknya hanya 7 km di Warints, komunitas Shuar lainnya.

Perusahaan Kanada itu telah membangun kamp permukiman dan mulai melakukan eksplorasi.

"Industri ini sangat mirip dengan industri lain yang telah menghancurkan dunia dengan aktivitas mereka," kata Josefina Tunki, ketua Masyarakat Arutam Shuar (PSHA) yang vokal menyuarakan penentangan terhadap pertambangan.

Organisasinya mewakili sekitar 10.000 orang Shuar di wilayah itu, termasuk komunitas Maikiuant, sebagaimana dilansir Reuters via Antara.

Meski banyak orang di Warrints mendukung proyek tambang itu demi mendapatkan pekerjaan, Maikiuant dan komunitas Shuar lain dengan tegas menentangnya.

Baca juga: Kerusuhan di Penjara Ekuador Pecah Lagi dan Tewaskan 43 Tahanan, Ini Penyebabnya

"Di sini kami punya air terjun, sungai, obat-obatan. Di sini kami punya daging. Bagi kami (tambang) bukanlah pembangunan. Bagi kami, hutan adalah kehidupan, pasar," kata Tunki.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.