Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Tertangkap di Sungai Mekong, Beratnya 300 Kg

Kompas.com - 21/06/2022, 19:01 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Ikan air tawar terbesar yang tercatat di dunia, ikan pari raksasa, telah ditangkap di Sungai Mekong di Kamboja, menurut para ilmuwan dari negara Asia Tenggara dan Amerika Serikat

Dilansir Khaleej Times, ikan pari, yang ditangkap pada 13 Juni lalu, berukuran hampir empat meter (13 kaki) dari moncong ke ekor.

Beratnya sedikit di bawah 300 kilogram, menurut sebuah pernyataan pada hari Senin (20/6/2022) oleh Wonders of the Mekong, sebuah proyek penelitian bersama Kamboja-AS.

Baca juga: Ikan Mas Berusia 16 Tahun Jalani Operasi Besar akibat Bejolan di Perutnya

Rekor sebelumnya untuk ikan air tawar adalah ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kilogram, ditemukan di Thailand pada 2005, kata kelompok itu.

Ikan pari itu ditangkap seorang nelayan lokal di selatan Stung Treng di timur laut Kamboja.

Nelayan itu memberi tahu tim ilmuwan terdekat dari proyek Keajaiban Mekong, yang telah mempublikasikan pekerjaan konservasinya di masyarakat di sepanjang sungai.

Para ilmuwan tiba dalam beberapa jam setelah menerima telepon setelah tengah malam dengan berita tersebut, dan kagum dengan apa yang mereka lihat.

Baca juga: Kecelakaan Langka, Nelayan Hampir Tewas Setelah Ikan Berduri Loncat Masuk Mulut dan Tersangkut di Tenggorokan

“Ya, ketika Anda melihat ikan seukuran ini, terutama di air tawar, sulit untuk dipahami, jadi saya pikir semua tim kami tercengang,” kata pemimpin Keajaiban Mekong Zeb Hogan dalam sebuah wawancara online dari University of Nevada di Reno.

Universitas ini bermitra dengan Administrasi Perikanan Kamboja dan USAID, badan pembangunan internasional pemerintah AS.

Ikan air tawar didefinisikan sebagai ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar, berbeda dengan spesies laut raksasa seperti tuna sirip biru dan marlin, atau ikan yang bermigrasi antara air tawar dan air asin seperti sturgeon beluga besar.

Penangkapan ikan pari bukan hanya tentang membuat rekor baru, katanya.

Baca juga: Nelayan Afrika Tak Sengaja Tangkap Ikan Raksasa saat Memancing di Samudra Atlantik

“Fakta bahwa ikan masih bisa sebesar ini adalah tanda harapan untuk Sungai Mekong,” kata Hogan, mencatat bahwa jalur air menghadapi banyak tantangan lingkungan.

Sungai Mekong mengalir melalui China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Ini adalah rumah bagi beberapa spesies ikan air tawar raksasa tetapi tekanan lingkungan meningkat.

Secara khusus, para ilmuwan khawatir program utama pembangunan bendungan dalam beberapa tahun terakhir mungkin akan sangat mengganggu tempat ikan tinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com