Kompas.com - 21/06/2022, 10:45 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Jurnalis Rusia dan peraih Nobel Perdamaian, Dmitry Muratov melelang medali hadiah nobelnya seharga 103,5 juta dollar (sekitar Rp1,5 triliun) untuk memberi manfaat bagi anak-anak yang terlantar akibat perang di Ukraina.

Medali itu dijual kepada penawar telepon yang belum teridentifikasi pada pelelangan di New York, Amerika Serikat (AS) yang diselenggarakan oleh Heritage Auctions.

Pelelangan itu berjalan penuh "semangat", dengan banyak tepuk tangan dan penawar saling bersaing untuk meningkatkan tawaran.

Baca juga: Dmitry Muratov, Jurnalis Pionir Rusia Jual Medali Hadiah Nobel Perdamaian untuk Ukraina

Muratov terlihat merekam video dari layar penawaran dan yang ada di dalam ruangan.

Ketika tawaran terakhir masuk, puluhan juta dollar lebih banyak dari tawaran sebelumnya, banyak orang di ruangan itu terkejut, termasuk Muratov sendiri.

"Saya sama seperti Anda dalam hal itu," katanya kepada AFP, berbicara melalui penerjemah setelah penjualan.

Muratov memenangkan hadiah pada 2021 bersama jurnalis Maria Ressa dari Filipina, dengan komite menghormati pasangan itu atas upaya mereka untuk menjaga kebebasan berekspresi.

Dia termasuk di antara sekelompok jurnalis yang mendirikan Novaya Gazeta pada 1993 setelah jatuhnya Uni Soviet.

Pada tahun ini, surat kabar itu menjadi satu-satunya surat kabar besar yang menyuarakan kritik terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dan taktiknya di dalam dan di luar negeri.

Baca juga: Sebelum Putin Perintahkan Serang Ukraina, Jurnalis Rusia Peraih Nobel Sudah Peringatkan Hal Ini

Pada Maret, lebih dari sebulan setelah invasi Moskwa ke Ukraina, Novaya Gazeta menghentikan operasi di Rusia, setelah Moskwa mengadopsi undang-undang yang memberikan hukuman penjara yang berat terhadap siapa pun yang mengkritik kampanye militer berdarah Kremlin.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.