Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pahlawan Cilik dalam Penembakan SD di Texas, Gadis 10 Tahun Telepon 911 untuk Minta Bantuan, tetapi Ditembak

Kompas.com - 26/05/2022, 14:46 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

UVALDE, KOMPAS.com – Amerie Jo Garza (10) adalah siswi kelas empat sekolah dasar (SD) Robb di Uvalde, Texas, AS.

Dia adalah salah satu dari 19 anak yang tewas dalam tragedi penembakan yang dilakukan seorang remaja bernama Salvador Ramos di salah satu SD di Texas tersebut pada Selasa (24/5/2022).

Di balik tragedi tersebut, Amerie adalah pahlawan cilik yang mencoba menyelamatkan teman-temannya dengan menelepon layanan darurat 911 ketika penyerang masuk ke sekolahnya.

Baca juga: Anak-anak SD Texas Pasca-Insiden Penembakan: Kami Sangat Takut

Nenek Amerie, Berlinda Irene Arreola, menceritakan kepada Daily Beast bagaimana cucunya itu menelepon 911 saat penembakan terjadi.

“Cucu perempuan saya ditembak dan dibunuh karena mencoba menelepon 911, dia meninggal sebagai pahlawan yang mencoba mendapatkan bantuan untuknya dan teman-teman sekelasnya," tulis Arreola dalam pesan teks kepada Daily Beast.

Dalam tragedi penembakan tersebut, Ramos masuk ke dalam SD Robb setelah menabrakkan mobilnya ke selokan dan dikejar oleh penegak hukum setempat.

Ramos kemudian membarikade dirinya di ruang kelas dan menembaki apa pun yang menghalangi “jalannya” menurut laporan Departemen Keamanan Publik Texas.

Baca juga: Kronologi Penembakan Massal di SD Texas, Pelaku Kirim Peringatan Online, Sempat Baku Tembak dengan Polisi

Selain anak-anak, dua guru kelas empat juga tewas. kedua guru yang menjadi korban tewas tersebut masing-maisng bernama Eva Mireles dan Irma Garcia.

Salah satu siswa Garcia, Ellie Garcia yang berusia 10 tahun, termasuk di antara yang tewas, kata orangtuanya Stephen Garcia dan Jennifer Lugo.

Ketika berita tentang penembakan di SD di Texas tersebut menyebar, anggota keluarga Amerie berupaya mencari tahu kondisi mengenai gadis tersebut.

Pasalnya, mereka tidak mendengar kabar apa pun mengenai Amerie setelah berita penembakan Sd di Texas itu beredar.

Pada Selasa, sebelum pukul 20.00 waktu setempat, ayah tiri Amerie yakni Angel Garza, membuat unggahan di Facebook.

Baca juga: Reaksi Ngeri Dunia atas Penembakan Massal di SD Texas: Amerika Membunuh Dirinya Sendiri

“Saya tidak meminta banyak atau bahkan hampir tidak mengunggah di sini. Tapi tolong, sudah 7 jam dan saya masih belum mendengar apa pun mengenai cintaku. Tolong, FB, bantu saya menemukan putriku,” tulis Garza.

Garza, yang telah membesarkan Amerie bersama ibunya sejak masih bayi, kembali menulis ke Facebook selepas pukul 23.00 waktu setempat dengan kabar bahwa Amerie menjadi salah satu korbannya.

“Tolong jangan anggap remeh. Peluk keluargamu. Katakan kepada mereka bahwa Anda mencintai mereka. Aku mencintaimu Amerie jo,” tulis Garza.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com