Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 11:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MARIUPOL, KOMPAS.com - Misi pasukan Ukraina mempertahankan pabrik baja Azovstal di kota Mariupol dari gempuran tentara Rusia diklaim sudah selesai pada Senin (16/5/2022).

Pabrik baja Azovstal menjadi benteng pertahanan terakhir tentara Ukraina di kota pelabuhan Mariupol.

Dengan selesainya misi ini, lebih dari 260 tentara termasuk beberapa yang terluka parah dievakuasi dan dibawa ke daerah-daerah di bawah kendali Rusia.

Baca juga: Ukraina Terkini: Barisan Kendaraan Lapis Baja Rusia Hancur Saat Seberangi Sungai Donbass

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, evakuasi ke wilayah yang dikuasai separatis dilakukan untuk menyelamatkan nyawa para prajurit yang diserang Rusia selama berminggu-minggu.

Pertempuran terjadi di labirin lorong bawah tanah pabrik baja Azovstal yang besar. Zelensky berujar, "Yang terluka parah" telah mendapatkan bantuan medis.

“Ukraina membutuhkan pahlawan orang Ukraina untuk hidup. Itu prinsip kami," katanya dikutip dari Associated Press (AP).

Adapun sejumlah pejuang yang tidak diketahui jumlahnya tetap tinggal menunggu penyelamatan lainnya.

Pasukan yang mempertahankan pabrik baja Azovstal keluar saat Rusia mengalami kemunduran diplomatik dalam perang, setelah Swedia dan Finlandia berniat bergabung dengan NATO.

Ukraina pun mendapat keuntungan simbolis ketika pasukannya dilaporkan memukul mundur pasukan Rusia kembali ke perbatasan di wilayah Kharkiv.

Namun, pasukan Rusia masih menggempur target-target di jantung industri di Ukraina timur yang dikenal sebagai Donbass.

Jumlah korban tewas yang sudah ribuan terus meningkat, seiring perang yang akan memasuki minggu ke-12 pada Rabu (18/5/2022).

Baca juga:

Kendaraan yang rusak dan terbakar terlihat di bagian yang hancur dari Pabrik Metalurgi Illich Iron & Steel Works, saat asap mengepul dari pabrik baja Azovstal selama pertempuran sengit di daerah yang dikendalikan oleh pasukan separatis yang didukung Rusia di Mariupol, Ukraina, Senin, 18 April 2022. AP PHOTO/ALEXEI ALEXANDROV Kendaraan yang rusak dan terbakar terlihat di bagian yang hancur dari Pabrik Metalurgi Illich Iron & Steel Works, saat asap mengepul dari pabrik baja Azovstal selama pertempuran sengit di daerah yang dikendalikan oleh pasukan separatis yang didukung Rusia di Mariupol, Ukraina, Senin, 18 April 2022.
Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan, 53 tentara yang terluka parah dibawa dari pabrik baja Azovstal ke rumah sakit di Novoazovsk, sebelah timur Mariupol.

Sebanyak 211 tentara tambahan dievakuasi ke Olenivka melalui jakur evakuasi.

“Pembela Mariupol telah sepenuhnya menyelesaikan semua misi yang ditugaskan oleh komando,” katanya.

Militer Ukraina juga berencana terus berusaha menyelamatkan para prajurit yang masih berada di dalam. Pakar militer memperkirakan jumlah tentara di pabrik baja Azovstal sekitar beberapa ratus hingga 1.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com