Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Ukraina untuk RI: Sekarang Sudah Perang Dunia III, Dampaknya Terasa

Kompas.com - 15/04/2022, 19:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pada Kamis (14/4/2022) mengatakan, Perang Dunia III sebenarnya sudah terjadi dan masyarakat dunia merasakan dampaknya.

Hamianin mengungkapkan pandangannya tersebut dalam forum diskusi yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

"Ini Perang Dunia III, karena di dunia ini di abad ke-21, apa pun yang besar terjadi di mana pun akan melibatkan seluruh dunia dalam hitungan jam. Bukan dalam hitungan hari, minggu, atau bulan," ujar Vasyl Hamianin.

Baca juga: Akankah Perang Dunia Ketiga Terjadi Setelah Invasi Rusia ke Ukraina?

"Ini bukan abad ke-20, tidak seperti tahun lalu. Waktunya sangat berbeda, sangat cepat berkat perkembangan dan komunikasi dalam banyak kasus."

"Anda menekan tombolnya di sini dan sesuatu terjadi di belahan Bumi lain, yang ribuan kilometer jauhnya. Jadi ini Perang Dunia III," lanjutnya.

Dubes Ukraina tersebut menambahkan, dampak perang Rusia-Ukraina yang disebutnya sebagai Perang Dunia III sudah terasa seperti kenaikan harga bahan bakar dan pangan.

Ia pun khawatir krisis pangan akan terjadi, mengingat Ukraina dan Rusia termasuk distributor bahan pokok terbesar di dunia.

Seperti diketahui, Ukraina adalah penghasil gandum dan Rusia merupakan pemasok gas terbesar ke Eropa.

Dampak perang Rusia vs Ukraina yang sudah terjadi antara lain harga gas Eropa melambung ke rekor tertinggi.

Sementara di Indonesia, mayoritas kenaikan harga pangan di dalam negeri merupakan implikasi dari terhambatnya perdagangan antara Indonesia dengan Ukraina dan Rusia, kata Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira dikutip dari BBC Indonesia.

Ukraina merupakan pemasok gandum terbesar bagi Indonesia. Sebaliknya bagi Ukraina, Indonesia adalah negara tujuan ekspor gandum terbesar kedua di dunia setelah Mesir.

Baca juga: Dampak Perang Rusia Ukraina bagi Indonesia, Harga Mi Instan dan Bunga Kredit Bisa Naik

Tanggapan Dubes Hamianin soal G20

Duta Besar Ukraina untuk Indoensia Dr Vasyl Hamianin.KEDUTAAN UKRAINA Duta Besar Ukraina untuk Indoensia Dr Vasyl Hamianin.
Dubes Ukraina Vasyl Hamianin juga menanggapi isu Rusia tetap diundang Indonesia ke KTT G20 di Bali pada November 2022.

Menurutnya, kehadiran Rusia akan menjadi tantangan bagi Indonesia yang memegang presidensi G20, tetapi ia percaya diplomat RI cerdas dan bijak.

"Ini adalah tantangan bagi Indonesia sebagai Presiden G20, namun saya yakin bahwa para pemimpin dan diplomat Indonesia begitu cerdas, bijak, dan berpengalaman, dan akan dapat mencari jalan keluar dari situasi yang sangat kompleks ini," terangnya dikutip dari Antara.

Baca juga: Rusia Tidak Masalah jika Dicoret dari KTT G20 Indonesia, tapi Peringatkan Hal Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com