Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditolak AS dan NATO, Kenapa Zona Larangan Terbang Kukuh Diperjuangkan Ukraina?

Kompas.com - 07/03/2022, 12:30 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mendukung oposisi Gedung Putih dan sekutu NATO untuk tidak menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina.

"Presiden Biden sangat, sangat jelas bahwa pasukan Amerika tidak akan ditempatkan di darat atau di udara untuk meningkatkan perang ini dan menjadikan ini perang Amerika melawan -- melawan Rusia," katanya kepada penyiar ABC "This Week" George Stephanopoulos.

"Tapi kami juga sangat jelas bahwa kami akan mendukung Ukraina dengan segala cara yang mungkin."

Baca juga: Putin: Negara yang Berlakukan Zona Larangan Terbang di Ukraina Sama Saja Memasuki Konflik

Minggu lalu seorang wanita Ukraina dengan berapi-api memohon soal perlindungan langit Ukraina ketika berhadapan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

"Orang-orang Ukraina dengan putus asa meminta Barat untuk melindungi langit kami. Kami meminta zona larangan terbang. Wanita Ukraina dan anak-anak Ukraina berada dalam ketakutan yang mendalam karena bom dan rudal yang datang dari langit," kata Daria Kaleniuk.

Namun meskipun serangan Rusia menghantam daerah pemukiman Ukraina, dan jumlah korban tewas sipil meningkat, ada sedikit tanda bahwa Barat akan menerapkan zona larangan terbang. Inilah alasannya.

Apa itu zona larangan terbang?

Zona larangan terbang mengacu pada wilayah-wilayah udara mana pun yang telah ditetapkan agar pesawat tertentu tidak dapat melintasinya.

Ini dapat digunakan untuk melindungi area sensitif, seperti kediaman kerajaan, atau diberlakukan sementara untuk acara olahraga dan pertemuan besar.

Baca juga: Zelensky Kecam NATO yang Tolak Berlakukan Zona Larangan Terbang, Sebut Beri Lampu Hijau Pengeboman Rusia

Dalam konteks militer, zona larangan terbang dirancang untuk menghentikan pesawat memasuki wilayah udara terlarang, biasanya untuk mencegah serangan atau pengawasan.

Itu harus ditegakkan dengan cara militer.

Bentuknya bisa berupa pengawasan, serangan pre-emptive terhadap sistem pertahanan atau menjatuhkan pesawat yang memasuki area terlarang.

Zona larangan terbang di atas Ukraina akan berarti bahwa pasukan militer - khususnya pasukan NATO - akan terlibat langsung dengan pesawat Rusia yang terlihat di langit itu dan menembak mereka jika perlu.

Mengapa Barat tidak menerapkannya di Ukraina?

Pasukan NATO yang terlibat dengan pesawat atau peralatan Rusia berisiko mengalami eskalasi yang cepat.

"Anda tidak hanya mengatakan 'itu zona larangan terbang'. Anda harus menegakkan zona larangan terbang," kata mantan jenderal angkatan udara AS Philip Breedlove kepada majalah Foreign Policy.

Baca juga: Narasi Berbeda TV Rusia soal Perang di Ukraina: Salahkan Kyiv Sendiri, Tidak Sebut Invasi

Jenderal, yang menjabat sebagai komandan sekutu tertinggi NATO dari 2013 hingga 2016, mengatakan bahwa meskipun dia mendukung seruan untuk zona larangan terbang di Ukraina, itu adalah keputusan yang sangat serius untuk diambil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com