Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krung Thep Nama Baru Bangkok Terdiri dari 168 Huruf, Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 19/02/2022, 13:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Nama baru Bangkok ibu kota Thailand, Krung Thep Maha Nakhon, aslinya terdiri dari 168 huruf dan memecahkan rekor dunia sebagai tempat dengan nama terpanjang.

Dikutip dari laman Guinness World Records, nama baru ibu kota Thailand yang lengkap adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Krung Thep Maha Nakhon artinya secara harfiah adalah "kota besar para malaikat".

Baca juga: Bangkok Ganti Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon, Nama Resmi Ibu Kota Thailand

Associated Press pada Jumat (18/2/2022) melaporkan, kebanyakan orang Thailand mempersingkatnya menjadi Krung Thep saja dalam percakapan.

Kenapa Bangkok ganti nama?

Alasan kenapa Bangkok ganti nama adalah mengikuti rancangan pengumuman Kantor Perdana Menteru tentang nama negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota yang diperbarui.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Office of the Royal Society (ORST), lembaga independen di bawah pengawasan Perdana Menteri Thailand.

ORST juga memperbarui ejaan resmi untuk negara lain, termasuk Roma untuk ibu kota Italia, perubahan ibu kota Myanmar dari Yangon menjadi Naypyidaw, dan perubahan Kerajaan Nepal menjadi Republik Demokratik Federal Nepal.

Di sisi lain, Wakil Juru Bicara Pemerintah Ratchda Dhanadirek pada Rabu (16/2/2022) mengatakan, nama Krung Thep Maha Nakhon akan digunakan sebagai nama resminya dan Bangkok bakal ditambahkan dalam tanda kurung.

“Menulis nama resmi ibu kota dengan alfabet Romawi dapat dilakukan baik sebagai Krung Thep Maha Nakon maupun Bangkok,” kata badan pemerintah tersebut.

Baca juga: Kisah Perang: Kenapa Thailand Tidak Pernah Dijajah?

Kendati demikian, nama Krung Thep Maha Nakhon masih belum berlaku sampai diperiksa oleh komite yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang.

Kabinet juga meminta komite tersebut untuk mempertimbangkan tambahan pengamatan dari Kementerian Luar Negeri Thailand.

Bangkok digunakan sebagai nama ibu kota Thailand secara resmi sejak November 2001 di bawah pengumuman ORST.

Nama Bangkok diambil karena ada dua distrik yang menjadi bagian wilayah metropolitan negara tersebut yakni Bangkok Noi dan Bangkok Yoi.

Baca juga: Bangkok Ganti Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon, Ini Artinya

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com