Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Klaim Tidak Mau Perang Lawan Ukraina, tapi...

Kompas.com - 28/01/2022, 21:07 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia tidak menginginkan perang, tetapi tidak akan membiarkan kepentingannya diabaikan, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Jumat (28/1/2022) saat ketegangan terus membara dengan Ukraina.

Barat menuduh Rusia menumpuk 100.000 tentara di perbatasan dengan Ukraina dan mengancam bakal menjatuhkan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya jika Moskwa menyerang.

“Jika itu tergantung pada Rusia, tidak akan ada perang. Kami tidak menginginkan perang,” kata Lavrov dalam wawancara dengan kepala empat stasiun radio Rusia.

Baca juga: Kenapa Rusia-Ukraina Perang dan Apa yang Diincar Putin?

"Kami juga tidak akan membiarkan kepentingan kami diabaikan", tambahnya dikutip dari AFP.

Komentarnya muncul setelah Amerika Serikat dan NATO menanggapi tuntutan keamanan yang diajukan oleh Rusia sebagai imbalan atas deeskalasi di Ukraina.

Tuntutan tersebut termasuk larangan Ukraina bergabung dengan NATO dan tentang pangkalan militer baru di negara-negara bekas Soviet.

Rusia pada Kamis (27/1/2022) mengatakan, pandangannya tidak dibahas dalam tanggapan yang diterimanya, tetapi tidak mengesampingkan pembicaraan lebih lanjut.

Kemudian, Lavrov pada Jumat berkata, tanggapan AS mengandung butiran rasionalitas pada isu-isu sekunder.

Dia menambahkan bahwa tanggapan dari AS hampir merupakan contoh kepatutan diplomatik, sementara tanggapan NATO sangat diidealkan.

"Saya sedikit malu dengan orang-orang yang menulis teks-teks ini," kata Lavrov.

Lavrov berkata, penerapan sanksi Barat lebih lanjut seperti tindakan pribadi terhadap Presiden Vladimir Putin dan pemotongan Rusia dari sistem pembayaran SWIFT, akan setara dengan memutuskan hubungan dengan Rusia.

"Saya rasa tidak ada yang menginginkan ini," katanya.

Baca juga: Kenapa Rusia Tidak Masuk NATO? Ini 5 Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com