Gedung Putih Dorong Kesetaraan, Keadilan, dan Peluang bagi Komunitas Asia-Amerika

Kompas.com - 10/12/2021, 12:02 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan atau Health and Human Services (HHS) Amerika Serikat (AS), Xavier Becerra meluncurkan Inisitif Gedung Putih di bawah administrasi Presiden AS Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris tentang komunitas Asia-Amerika, penduduk Asli Hawaii, dan kepulauan Pasifik, Kamis (9/12/2021).

Becerra juga mengumumkan Duta Besar Perwakilan Dagang AS Katherine Tai akan menjabat sebagai ketua dari Inisiatif Gedung Putih ini dan Komisi Penasihat Presiden untuk komunitas Asia-Amerika, Penduduk Asli Hawaii, dan Penduduk Kepulauan Pasifik.

White House Initiative on Asian Americans, Native Hawaiians, and Pacific Islanders (WHIAANHPI) ini dibuat sebagai tanggapan terhadap Perintah Eksekutif Presiden 14031 tentang Kesetaraan, Keadilan, dan Peluang untuk komunitas Asia-Amerika, Penduduk Asli Hawaii, dan Penduduk Kepulauan Pasifik.

Baca juga: Pengadilan Tolak Permintaan Trump Tidak Rilis Catatan Gedung Putih di Penyerbuan Capitol Hill

WHIAANHPI dibentuk untuk mendorong agenda seluruh pemerintah yang ambisius untuk memajukan kesetaraan, keadilan, dan peluang bagi komunitas Asia-Amerika, Penduduk Asli Hawaii, dan Kepulauan Pasifik di “Negeri Paman Sam”.

Seperti komunitas kulit berwarna lainnya, komunitas Asia-Amerika, penduduk asli Hawaii, dan penduduk Kepulauan Pasifik juga secara tidak proporsional terkena dampak pandemi Covid-19.

Selain memperburuk ketidakadilan kesehatan yang sudah berlangsung lama yang dihadapi komunitas Asia-Amerakam penduduk asli Hawaii, dan penduduk Kepulauan Pasifik, bahasa beberapa pemimpin politik selama krisis kesehatan masyarakat ini juga telah memicu lonjakan bias anti-Asia, xenofobia, dan kekerasan.

Untuk mengatasi ketidaksetaraan ini, WHIAANHPI kini ditempatkan di dalam HHS.

Pemerintah AS mengembalikan inisiatif ini ke Departemen atau Kementerian yang pertama kali diluncurkan di bawah pemerintahan Clinton pada 1999.

Baca juga: Sekretaris Pers Gedung Putih Positif Covid-19, Terakhir Bertemu Biden Beberapa Hari Lalu

“Mengembalikan Inisiatif Gedung Putih tentang Asia Amerika, Penduduk Asli Hawaii, dan Penduduk Kepulauan Pasifik ke HHS, tempat asalnya, merupakan langkah penting dalam menghidupkan kembali prakarsa bersejarah ini,” kata Xavier Becerra dalam siaran pers dari Gedung Putih yang diterima Kompas.com, Jumat (10/12/2021).

Menurut dia, Pemerintahan Biden-Harris berkomitmen untuk mengatasi berbagai tantangan yang berdampak pada komunitas yang secara historis diabaikan dan kurang terlayani.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.