Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan di Depan Kedubes Arab Saudi di AS Akan Dinamai "Jamal Khashoggi"

Kompas.com - 10/12/2021, 09:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Amerika Serikat (AS) akan dinamai "Jalan Jamal Khashoggi".

Dewan kota Washington sepakat memilih nama itu untuk menghormati Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang diduga dibunuh oleh agen pemerintah.

Dewan memberikan suara suara bulat pada Selasa (7/12/2021) untuk secara simbolis memberi nama Jamal Khashoggi di ruas New Hampshire Avenue sepanjang 213 meter yang membentang antara kedutaan dan kompleks Watergate.

Baca juga: Akui Salah Tangkap, Perancis Bebaskan Tersangka Pembunuhan Jamal Khashoggi

“Melalui jurnalismenya, Jamal Khashoggi adalah seorang advokat tegas untuk demokrasi, hak asasi manusia, dan supremasi hukum,” kata laporan dewan tentang RUU tersebut.

"Dengan menamai jalan di depan Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi dengan Jamal Khashoggi, Distrik membuat peringatan untuk menghormatinya," imbuhnya dikutip dari AFP.

Jamal Khashoggi, kritikus vokal dari monarki Saudi, dibunuh dan dimutilasi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, setelah bepergian ke sana dari Amerika Serikat untuk mengurus dokumen guna menikahi tunangannya dari Turki.

Pembunuhnya diduga adalah sekelompok pria yang terkait erat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang dituduh oleh intelijen Barat memerintahkan pembunuhan itu.

Adapun Kedubes Arab Saudi tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari penamaan jalan Jamal Khashoggi tersebut.

RUU dari dewan akan segera ditandatangani oleh Wali Kota Washington Muriel Bowser dan tidak mendapat keberatan di Kongres AS, yang meninjau semua undang-undang dari pemerintah ibu kota AS.

Pada 2018, Washington menamai sebuah jalan di luar Kedutaan Besar Rusia untuk menghormati kritikus terkemuka Vladimir Putin, Boris Nemtsov, yang dibunuh di Moskwa tiga tahun sebelumnya.

Baca juga: AS Bungkam soal Hukuman Putra Mahkota Arab Saudi dalam Pembunuhan Khashoggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com