Kompas.com - 03/12/2021, 10:15 WIB
Gelombang Covid-19 keempat di Eropa telah membuat Australia waspada.. LAPRESSE/AP/ALFREDO FALCONE via ABC INDONESIAGelombang Covid-19 keempat di Eropa telah membuat Australia waspada..

AUSTRALIA, KOMPAS.com - Australia pada hari Jumat (3/12/2021) melaporkan seorang siswa tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri telah dites positif untuk Covid-19 varian Omicron.

Ini merupakan temuan kasus penularan varian Omicron lokal pertama yang terdeteksi di negara itu.

Kasus tersebut terdeteksi di kota terbesar Australia, yakni Sydney.

Baca juga: Waspadai Varian Omicron, AS Akan Perketat Kedatangan Luar Negeri, Ini Kebijakannya

Kasus ini muncul di tengah-tengah penerapan kebijakan larangan bagi non-warga negara memasuki negara itu dan pembatasan penerbangan dari Afrika Selatan, tempat varian Omicron pertama kali terdeteksi.

Kementerian Kesehatan New South Wales (NSW Health) menyatakan orang dengan positif Covid-19 varian Omicron ini sementara diketahui tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau hubungan dengan orang-orang dengan riwayat perjalanan ke luar negeri.

Tapi, NSW Health masih akan terus melakukan penyelidikan dan melakukan pelacakan kontak terhadap temuan kasus Covid-19 varian Omicron ini, seperti dilansir dari AFP.

Australia saat ini telah mendeteksi sembilan kasus Omicron lainnya. Tetapi, semuanya terdeteksi pada pelancong atau pendatang yang masuk ke negera tersebut.

Kasus terbaru memunculkan kemungkinan bahwa Omicron sudah menyebar lebih luas di masyarakat Australia.

Regents Park Christian School (RPCS), tempat sekolah siswa yang ditemukan positif Covid-19 varian Omicron di barat Sydney itu kini telah ditutup dan keluarganya dilaporkan telah dikarantina.

Australia saat ini mencatat sekitar 2.000 kasus Covid per hari.

Baca juga: Inggris Setujui Obat Covid GSK, Diyakini Ampuh Lawan Varian Omicron

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.