Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Negara Dekat Indonesia yang Umumkan Kasus Pertama Varian Omicron

Kompas.com - 03/12/2021, 06:56 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - India menjadi negara terbaru yang melaporkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron, pada Kamis (2/12/2021).

Dengan demikian, sejauh ini ada tiga negara dekat Indonesia yang sudah mengumumkan kasus varian Omicron.

Beberapa jam sebelum India, Singapura juga mengumumkan masuknya virus corona varian Omicron dari dua pelancong yang transit di Afrika Selatan.

Baca juga: Di Afrika Selatan, Asal Varian Omicron, Pasien Covid di RS Melonjak 330 Persen

Berikut adalah daftar tiga negara tersebut.

1. India

Warga India duduk sambil memegang lengan setelah menerima vaksin Covid-19 di pusat vaksinasi Jammu, pada Senin (5/7/2021).AP PHOTO/CHANNI ANAND Warga India duduk sambil memegang lengan setelah menerima vaksin Covid-19 di pusat vaksinasi Jammu, pada Senin (5/7/2021).
Terbaru, India mengumumkan dua kasus Covid-19 varian Omicron yaitu dua pria di negara bagian Karnataka berusia 66 dan 46 tahun.

"Sesuai protokol, semua kontak primer dan sekunder mereka telah dilacak dan sedang diuji," katan pejabat tinggi Kementerian Kesehatan India, Luv Agarwal, dalam konferensi pers yang dikutip AFP.

Tak satu pun dari dua kasus yang diidentifikasi melakukan kontak satu sama lain dan salah satunya tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini, ujar pihak berwenang di ibu kota Karnataka, Bangalore, kepada wartawan.

Gautam Menon, profesor di Universitas Ashoka India yang bekerja pada pemodelan Covid-19, mengatakan bahwa kemungkinan varian Omicron sudah masuk ke India sebelum pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan.

"Karena ada beberapa keterlambatan dalam pengujian sampel," ungkapnya.

India belum memberlakukan larangan perjalanan internasional baru, tetapi pada Senin (29/11/2021) Kementerian Kesehatan memerintahkan semua pelancong yang datang dari negara-negara berisiko untuk tes Covid-19 pasca-kedatangan, bersama dengan pengujian acak dari kedatangan internasional lainnya.

Baca juga: 100 Kota di Dunia Paling Tercemar Polusi Udara: 94 Berada di India, China, dan Pakistan

2. Singapura

Pengumuman dilarang berbicara di MRT Singapura untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 tertempel di jendela dekat kursi penumpang yang sedang duduk ketika MRT melintas di Central Business District (CBD) Raffles Place, Rabu siang (17/11/2021)KOMPAS.com/ERICSSEN Pengumuman dilarang berbicara di MRT Singapura untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 tertempel di jendela dekat kursi penumpang yang sedang duduk ketika MRT melintas di Central Business District (CBD) Raffles Place, Rabu siang (17/11/2021)
Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) pada Kamis sore (2/12/2021) mengumumkan, dua pasien yang saat ini sedang dirawat di National Centre for Infectious Diseases (NCID) positif terinfeksi varian Omicron.

Kedua pasien tiba di Singapura pada Rabu (1/12/2021) dari Johannesburg, Afrika Selatan, menaiki maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 479.

Pasien pertama yaitu kasus 271.487 diidentifikasi warga Permanent Resident Singapura berusia 44 tahun. MOH tidak merinci lebih jauh kewarganegaraan pasien.

Dia transit di Johannesburg dari negara tetangga Afrika Selatan, Mozambik. Hasil tes Covid-19 yang bersangkutan di Mozambik sebelum menaiki pesawat dinyatakan negatif.

Perempuan Singapura berusia 41 tahun menjadi pasien kedua yang terpapar varian Omicron. Hasil tes Covid-19 kasus 271.598 ini pada tanggal 29 November sebelum terbang ke Singapura juga negatif.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com