Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Hari AIDS Sedunia, Tingkat Infeksi Belum Melambat Sesuai Target

Kompas.com - 30/11/2021, 06:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Tingkat infeksi HIV belum melambat cukup cepat sesuai tujuan pemberantasan AIDS pada 2030, ungkap laporan oleh kelompok PBB untuk memerangi penyakit tersebut pada Senin (29/11/2021).

Diterbitkan dua hari menjelang Hari AIDS Sedunia, laporan oleh Program Gabungan Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang HIV/AIDS mengatakan, kekurangan dalam respons pandemi juga dapat dilihat dalam perang melawan penyakit yang telah berusia puluhan tahun ini.

"Banyak dari bagian yang hilang untuk memerangi HIV ini juga memungkinkan pandemi Covid-19 berlanjut dan membuat kita tidak siap menghadapi pandemi di masa depan," kata direktur eksekutif UNAIDS Winnie Byanyima dikutip dari AFP.

Baca juga: Timothy Brown, Orang Pertama yang Sembuh dari HIV Meninggal karena Kanker

Pada Juni, UNAIDS menetapkan target baru yang harus dicapai pada 2025 yaitu: membawa layanan HIV kepada 95 persen dari mereka yang membutuhkannya; mengurangi infeksi HIV tahunan menjadi kurang dari 370.000; dan mengurangi kematian terkait AIDS menjadi kurang dari 250.000 tahun 2025.

Namun laporan itu mengatakan, dunia berada di luar jalur untuk mencapai tujuan tersebut.

"Data UNAIDS menunjukkan bahwa kurva infeksi HIV dan kematian terkait AIDS tidak cukup cepat untuk mengakhiri pandemi," katanya.

Laporan tersebut menyoroti lima prioritas mendesak Strategi AIDS Global yang katanya harus didanai dan dilaksanakan secara global untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan tanggapan pandemi.

Prioritas itu termasuk akses ke peralatan pencegahan seperti kondom dan jarum bersih, serta dukungan untuk layanan kesehatan berbasis masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com