Enggan Vaksin, Seorang Pria Ikut "Pesta Covid-19" Berharap Bisa Dapat Kekebalan, Akhirnya Begini…

Kompas.com - 27/11/2021, 15:43 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19. SHUTTERSTOCK/GORODENKOFFIlustrasi pasien Covid-19.

WINA, KOMPAS.com - Seorang pria Austria yang pergi ke "pesta Covid-19" di Italia, berharap bisa membangun kekebalan terhadap Covid-19, meninggal karena virus tersebut.

Pria berusia 55 tahun itu meninggal di Austria pekan lalu setelah tertular virus Covid-19.

Baca juga: Covid-19 Varian Omicron, Daftar 12 Negara yang Tutup Kedatangan dari Afrika

Pesta serupa sekarang lazim diadakan di kota Bolzano Italia, dan di tempat lain di seluruh provinsi South Tyrol, menurut laporan Rai Alto Adige, mengutip Patrick Franzoni, wakil koordinator unit Covid-19 di kota tersebut.

Franzoni mengatakan dia dan rekan-rekannya menyadari bahwa beberapa anak muda sengaja mencoba untuk terinfeksi Covid-19.

Dengan begitu, mereka berharap bisa mendapat "kartu hijau" (sejenis bukti vaksinasi), tanpa harus menerima vaksin Covid-19.

"Kartu hijau" pertama kali diperkenalkan di Italia pada Agustus, dan diwajibkan untuk tempat kerja bulan lalu.

Sertifikat tersebut diperoleh dengan divaksinasi penuh terhadap Covid-19, atau pulih secara alami dari virus dalam enam bulan terakhir. Sertifikat itu juga diperlukan di bagian lain Eropa.

"Kami telah menerima lebih dari satu pasien yang mengaku telah terinfeksi dengan sengaja," katanya, menurut outlet berita.

"(Mereka melakukan ini) untuk mengembangkan antibodi, dan untuk mendapatkan izin hijau tanpa vaksinasi. Ada konsekuensi jangka panjang dan bahkan orang muda bisa berakhir di rumah sakit."

Baca juga: Varian Omicron Menyebar ke Eropa dari Pelancong yang Tidak Pernah ke Selatan Afrika

Mulai 6 Desember, Italia akan memerlukan izin kesehatan untuk akses ke bioskop, teater, pusat kebugaran, klub malam, lift ski dan stadion, serta bersantap di dalam ruangan di restoran dan bar.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.