Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Buka Pintu Umrah untuk Jemaah Indonesia

Kompas.com - 09/10/2021, 19:53 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Arab Saudi akhirnya membuka kembali ibadah umrah untuk jemaah Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing yang diunggah di situs web Kementerian Luar Negeri.

Dia mengatakan, Kerajaan Arab Saudi mengirim nota diplomatik yang berisi berbagai hal melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Biaya Umrah Jadi Rp 60 Juta, Ada Syarat Tak Masuk Akal dari Arab Saudi

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia,” kata Retno.

Retno menambahkan, saat ini komite khusus di Kerajaan Arab Saudi tengah bekerja untuk meminimalisasi hambatan pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia.

Nota diplomatik tersebut juga menyebutkan bahwa kedua belah pihak sedang dalam tahap akhir dalam membahas ihwal vaksin dan proses masuknya jemaah.

Selain itu, Kerajaan Arab Saudi juga mempertimbangkan masa karantina selama lima hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Baca juga: Arab Saudi Mulai Izinkan Jemaah Umrah dari Luar Negeri, Syaratnya Sudah Divaksin

“Tentunya kabar baik ini akan kami tindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,” tutur Retno.

Retno berujar, Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Arab Saudi.

Dia juga mengaku tengah melakukan koordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait dibukanya kembali ibadah umrah bagi jemaah Indonesia di Arab Saudi.

“Pertemuan saya terakhir dengan Menteri Luar Negeri Saudi Arabia terjadi di sela-sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York (AS),” imbuh Retno.

Baca juga: Selama Ramadan, Arab Saudi Izinkan 50.000 Jemaah Umrah di Mekah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com