Kompas.com - 27/09/2021, 19:26 WIB
Presiden AS Joe Biden (kiri) mendengarkan saat CEO Pfizer Albert Bourla membuat pernyataan di St Ives, Cornwall pada 10 Juni 2021, AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKIPresiden AS Joe Biden (kiri) mendengarkan saat CEO Pfizer Albert Bourla membuat pernyataan di St Ives, Cornwall pada 10 Juni 2021,

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - CEO dan Ketua Pfizer Albert Bourla mengatakan akan ada kehidupan normal kembali dalam setahun, dan menambahkan kemungkinan suntikan vaksinasi Covid-19 tahunan akan diperlukan.

“Dalam setahun, saya pikir kita akan dapat kembali ke kehidupan normal,” kata Bourla dalam sebuah wawancara di “This Week” ABC pada Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Istrinya Disuntik Vaksin Covid-19, Pria Ini Marah dan Pukul Perawat

Adapun untuk bisa kembali ke kehidupan normal dia menyampaikan beberapa peringatan.

“Saya tidak berpikir bahwa ini berarti varian tidak akan terus datang, dan saya tidak berpikir bahwa ini berarti bahwa kita dapat menjalani hidup kita tanpa vaksinasi, ” kata Bourla.

"Tapi itu, sekali lagi, masih harus dilihat (kedepannya)."

Prediksi Bourla tentang kapan kehidupan normal akan dilanjutkan sesuai dengan prediksi CEO Moderna Stephane Bancel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mulai hari ini, dalam satu tahun (kedepan), saya berasumsi (hidup normal)," kata Bancel kepada surat kabar Swiss Neue Zuercher Zeitung, menurut Reuters pada Kamis (23/9/2021), ketika ditanya perkiraannya untuk kembali ke kehidupan normal.

Baca juga: Dosis Kecil Vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech Aman untuk Anak di Bawah 11 Tahun

Untuk mewujudkan kehidupan normal itu, Bourla dari Pfizer menyarankan kemungkinan suntikan vaksin Covid-19 tahunan akan diperlukan.

“Skenario yang paling mungkin bagi saya adalah, karena virus ini menyebar ke seluruh dunia, dia akan terus melihat varian baru muncul,” kata Bourla.

Ketahanan vaksin dalam tubuh menurutnya akan bertahan setidaknya satu tahun. Jadi skenario yang paling mungkin menurutnya adalah vaksinasi tahunan.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.