Kompas.com - 20/09/2021, 19:12 WIB
Vaksin buatan Kuba, Abdala, di Caracas, Venezule, 1 Juli 2021. REUTERS/MANAURE QUINTERO via VOA INDONESIAVaksin buatan Kuba, Abdala, di Caracas, Venezule, 1 Juli 2021.

HANOI, KOMPAS.com - Pemerintah Vietnam, Sabtu (18/9/2021), menyetujui penggunaan vaksin asal Kuba, Abdala. Vietnam saat ini sedang berjuang untuk melawan wabah COVID-19.

Abdala menjadi vaksin Covid-19 kedelapan yang disetujui untuk digunakan di Vietnam.

Negara tersebut merupakan salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Asia Tenggara. Hanya 6,3 persen dari 98 juta populasinya yang menerima setidaknya dua vaksin.

Baca juga: Vietnam Pakai Vaksin Covid-19 Buatan Kuba, Abdala

Reuters pada Sabtu, melaporkan pengumuman itu muncul beberapa jam setelah Presiden Nguyen Xuan Phuc meninggalkan Hanoi untuk kunjungan resmi ke Havana.

Vietnam mencatatkan 667.650 infeksi virus corona dengan 16.637 kematian, sebagian besar wabah tersebut disebabkan oleh varian Delta sejak akhir April.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kementerian Kesehatan telah menyetujui vaksin Abdala, berdasarkan kebutuhan mendesak negara untuk memerangi Covid-19," kata pernyataan pemerintah.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun PM Modi, India Suntikkan 20 Juta Vaksin Covid-19

Kementerian Kesehatan mengatakan, Kuba akan memasok sejumlah besar vaksin Abdala ke Vietnam dan mentransfer teknologi produksi pada akhir tahun.

Vietnam dan Kuba merupakan dua di antara lima negara yang masih menganut sistem Komunis, bersama dengan China, Laos, dan Korea Utara.

Pada Juli, Vietnam mendesak Amerika Serikat untuk mengakhiri "kebijakan bermusuhan" terhadap Kuba.

Negara tersebut juga mendorong AS mencabut embargo perdagangan yang sudah berlangsung lama.

Baca juga: Ribuan Pekerja Kesehatan di Perancis Diberhentikan Tanpa Gaji karena Tolak Vaksin Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.