Chappy Hakim
KSAU 2002-2005

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

Australia, Inggris dan Amerika Serikat – Di mana Indonesia?

Kompas.com - 20/09/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi kapal selam. ShutterstockIlustrasi kapal selam.

Rabu 15 September 2021 datang kabar dari Amerika Serikat tentang terbentuknya “pakta militer” baru diluar NATO berjudul AUKUS (Australia–UK–US).

Tidak berapa lama kemudian muncul berita “kemarahan” Perancis menanggapi AUKUS dengan memanggil pulang Duta Besarnya dari Canberra dan Washington DC.

Ini adalah lembaran baru dari BAB sebuah buku mengenai “Global Power Game”. AUKUS dapat dikatakan sebagai muncul secara “tiba tiba”.

Namun sudah dapat di duga bahwa US–China trade war alias perang dagang Amerika-China telah menimbulkan beberapa rentetan fenomena.

Setidaknya ada 3 dampak yang terlihat yaitu berupa pandemi Covid-19, ditinggalkannya Afghanistan oleh Amerika Serikat yang membuat Taliban berkuasa kembali dan munculnya AUKUS.

Menengok ke belakang sejenak, pasca serangan Jepang ke Pearl Harbor, Amerika Serikat membangun Angkatan Perang yang berkelas Global Vigilance, Global Reach and Global Power.

Perang dunia II diselesaikan dengan bom atom yang berkategori senjata pemusnah masal atau WMD (Weapon of Mass Destruction).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dunia memasuki era baru di mana kekuatan perang diukur dari WMD. Muncul kemudian babak selanjutnya berwujud Perang Dingin.

Selesainya era Perang dingin, maka AS otomatis menjadi negara satu-satunya dengan kekuatan angkatan perang yang “super duper”.

Dunia terus bergulir, dan AS harus membayar mahal pembangunan kekuatannya dengan masalah ekonomi dalam negeri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.