Kompas.com - 10/09/2021, 17:04 WIB
Koleksi kain-kain Batik Indonesia yang ditampilkan dalam Pameran Pesona Batik Indonesia. KBRI MOSKWAKoleksi kain-kain Batik Indonesia yang ditampilkan dalam Pameran Pesona Batik Indonesia.

MOSKWA, KOMPAS.com - Pameran Pesona Batik Indonesia dibuka oleh KBRI Moskwa pada 7 September 2021, di ibu kota Rusia tersebut.

Pesona Batik Indonesia berlangsung selama sebulan pada 3 September sampai 3 Oktober 2021 di Museum All-Russian Decorative Art, pusat Moskwa.

“Batik Indonesia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kain atau industri tekstil mana pun di dunia dan menjadi bagian dari identitas bangsa Indonesia," ungkap Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, saat membuka pameran, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Video Viral Batik Disebut Kerajinan Tradisional China, Netizen Ramai Ribut di Twitter

Dubes RI di Moskwa menyampaikan sambutan meresmikan pembukaan Pameran Pesona Batik Indonesia.KBRI MOSKWA Dubes RI di Moskwa menyampaikan sambutan meresmikan pembukaan Pameran Pesona Batik Indonesia.
Direktur Museum All-Russian Decorative Art Moskwa, Elena Titova, yang turut hadir pada malam resepsi pembukaan menyampaikan rasa bangga atas dipilihnya museum yang dipimpinnya untuk menampilkan koleksi aneka kain batik Indonesia yang menawan.

“Pameran batik ini kiranya dapat menjadi langkah awal kerja sama berkelanjutan antara KBRI Moskwa dan Museum All-Russian Decorative Art untuk menampilkan kekayaan dan keindahan seni dekoratif dan kerajinan rakyat bangsa Indonesia kepada para pencinta seni di Rusia,” ujar Direktur Elena.

“Batik Indonesia mengandung keragaman nilai-nilai seni, alam, spiritual serta keluhuran budaya berbagai suku di Indonesia yang diwariskan lintas generasi dan dituangkan dalam beragam motif, dan simbol. Keistimewaan ini yang turut mendasari UNESCO menetapkan “Batik Indonesia” sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009,” tambah Dubes Tavares di hadapan para tamu undangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penampilan Tari Batik oleh Penari Warga Rusia dan Warga Indonesia dalam Resepsi.KBRI MOSKWA Penampilan Tari Batik oleh Penari Warga Rusia dan Warga Indonesia dalam Resepsi.
Malam resepsi pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Tari Batik oleh penari warga Rusia dan warga Indonesia, anggota sanggar tari binaan KBRI Moskwa “Kirana Nusantara Dance” (KND). Para tamu undangan juga disuguhi aneka kue jajanan pasar khas Indonesia.

Menutup acara resepsi, Dubes Tavares yang didampingi Fitria Wibowo Tavares, selaku kurator kain batik Indonesia yang dipamerkan, menemani seluruh tamu undangan melakukan tur pameran guna melihat langsung keindahan beragam koleksi kain batik Indonesia yang ditampilkan.

Para tamu undangan sangat senang dan mengapresiasi pelaksanaan pameran ini.

Baca juga: Suku Aborigin Ternyata Punya Motif Batik yang Mirip Indonesia

“Bagi saya sebagai seorang pekerja seni, pameran batik ini membuka mata dan memberikan banyak informasi baru tentang batik Indonesia, khususnya terkait beragam motif yang ditampilkan dan cerita di balik setiap helai kain yang dipamerkan," ungkap Alyona Borshchagovskaya, Direktur Galeria Abad-21, salah satu galeri seni terkemuka di kota Moskwa.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.