70 Persen Populasi Spanyol Sudah Divaksin Covid-19 Dosis Penuh

Kompas.com - 04/09/2021, 07:52 WIB
Warga berusia 40 tahun ke atas mengantre untuk mendapat satu dosis vaksin Johnson&Johnson di vaksinasi keliling yang disponsori produsen mobil Spanyol, SEAT, bekerja sama dengan badan kesehatan regional Catalan, di Triumphal Arch, Barcelona, 7 Juli 2021. AFP PHOTO/LLUIS GENEWarga berusia 40 tahun ke atas mengantre untuk mendapat satu dosis vaksin Johnson&Johnson di vaksinasi keliling yang disponsori produsen mobil Spanyol, SEAT, bekerja sama dengan badan kesehatan regional Catalan, di Triumphal Arch, Barcelona, 7 Juli 2021.

MADRID, KOMPAS.com - Pemerintah Spanyol pada Rabu (1/9/2021) mengumumkan, telah memvaksinasi 70 persen lebih dari 47 juta populasinya terhadap Covid-19.

Menurut data terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Spanyol, sekitar 33.376.693 orang sudah mendapat vaksin Covid-19 dosis lengkap, atau 70,3 persen dari populasi.

"70 persen populasi Spanyol sekarang sepenuhnya divaksinasi," tulis Perdana Menteri Pedro Sanchez di Twitter ketika angka-angka itu dirilis, seraya berterima kasih kepada layanan kesehatan nasional.

Baca juga: Tercepat di Eropa, Begini Cara Spanyol Lakukan Vaksinasi Covid-19

Dalam pidato sebelumnya dia mengatakan, "Lebih dari 90 persen dari usia 40-an sudah divaksin penuh, sementara lebih dari 70 persen usia 20-29 dan 12-19 telah disuntik setidaknya satu dosis vaksin virus corona.

Ketika vaksinasi Covid-19 di Spanyol dimulai pada akhir Desember, pemerintah mengatakan jika semuanya berjalan sesuai rencana, sekitar 70 persen populasi akan divaksinasi penuh pada musim panas 2021.

Pada April, Sanchez memberi rancangan yang lebih spesifik, dengan mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mencapai angka itu pada akhir Agustus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkat kepercayaan penduduk pada sistem kesehatan nasional dan vaksinnya, Spanyol mampu melakukan vaksinasi cepat dengan hanya sedikit perbedaan pendapat atau perdebatan tentang kebutuhannya.

Di Uni Eropa, baru tiga negara lain yang memiliki persentase lebih tinggi yaitu Malta (80 persen), Denmark (hampir 72 persen), dan Belgia (lebih dari 70 persen), menurut statistik vaksinasi yang dikumpulkan AFP.

Pada Selasa (31/8/2021) Uni Eropa mengatakan, telah mencapai tujuannya agar 70 persen orang dewasa di dalam blok tersebut divaksinasi sepenuhnya.

Baca juga: Vaksin Terbukti Memperlambat Penyebaran Covid-19 di Spanyol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.