Sosok Kim Il Sung, Pendiri Korea Utara di Mata Teman Sekampungnya

Kompas.com - 03/09/2021, 19:40 WIB
Foto yang dirilis pada 15 April 1992 menunjukkan Pemimpin Korea Utara Kim Il Sung melambaikan tangannya saat  perayaan ulang tahunnya yang ke-80 di Stadion Kim Il Sung, Pyongyang. AFP PHOTO/JAPAN OUT/JIJI PRESSFoto yang dirilis pada 15 April 1992 menunjukkan Pemimpin Korea Utara Kim Il Sung melambaikan tangannya saat perayaan ulang tahunnya yang ke-80 di Stadion Kim Il Sung, Pyongyang.

SEOUL, KOMPAS.com - Pejuang anti-Jepang di atas kuda putih, matahari abadi, Bapak bangsa Korea Utara, pemimpin agung...

Begitu banyak ungkapan yang menggambarkan pendiri sekaligus pemimpin pertama Korut, Kim Il Sung. Namun, tidak banyak orang yang mengingatnya sebagai "pemimpin gang" atau "kakak senior."

Kim Hyung-seok, seorang profesor emeritus di Universitas Yonsei adalah filsuf generasi pertama Korea yang tahun ini berusia 102 tahun.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah 8 Juli 1994: Meninggalnya Kim Il Sung, Pendiri Korea Utara

Dia satu dari sedikit orang yang masih ingat masa muda Kim Il Sung, yang juga kakek pemimpin Korut saat ini, Kim Jong Un.

Dia mengaku pernah sarapan bersama Kim Il Sung di kampung halamannya di Mayongdae setelah Korea merdeka dari Jepang.

Saat berbincang-bincang dengan BBC, Kim Hyung-seok mengungkapkan masa-masa bersama dengan seniornya yang dulu bernama "Kim Seong-ju" itu yang akhirnya memimpin Korut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemimpin Gang Kim Seong-ju

"Saya masih berusia 25 tahun saat kali pertama bertemu Kim Il Sung. Namanya waktu itu masih Kim Seong-ju, bukan Kim Il Sung," ungkap Kim Hyung-seok.

Bahkan dia mengungkapkan nenek Kim Hyung-seok suatu ketika pernah menjadi ibu susu bagi Kim Il Sung saat ibunya tidak bisa menyusui.

Baca juga: Curhat Mantan Pengawal Kim Il Sung: Dia Senang Melihat Kami Menembak

Dia masih ingat bahwa Kim Il Sung saat itu adalah seorang pemuda beperawakan jangkung, atletis, dan tipikal pemimpin yang tidak segan-segan menyuruh teman-temannya.

"Bila mendengar para senior, mereka selalu bilang bahwa Kim Il Sung adalah kapten tim sepak bola. Itu adalah ketua gang. Mereka memberi perhatian kepadanya."

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.