Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu-batu Raksasa Berjatuhan dari Puncak Bukit India, Sembilan Wisatawan Tewas

Kompas.com - 26/07/2021, 14:39 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sembilan turis tewas di India utara setelah kendaraan yang mereka tumpangi tertimpa batu-batu raksasa yang berjatuhan dari puncak bukit.

Tiga orang lainnya dilaporkan terluka dalam insiden, yang terjadi di negara bagian Himachal Pradesh pada Minggu (25/7/2021) melansir BBC.

Rekaman dramatis yang diunggah di media sosial menunjukkan batu-batu besar meluncur menuruni lembah curam dan menghantam jembatan.

Baca juga: KABAR DUNIA SEPEKAN: Jamur Hitam Mengganas di India | Singapura Lockdown Parsial Kedua

Menteri Utama Himachal Pradesh, Jairam Thakur, menggambarkan insiden itu sebagai kecelakaan yang "menyayat hati".

Dalam video yang dibagikan di Twitter, batu-batu besar terlihat menabrak kendaraan yang diparkir, dan menyebabkan jembatan runtuh di distrik Kinnaur negara bagian itu.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan dia mengirimkan "belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka yang kehilangan nyawa".

Dia menambahkan bahwa semua yang terkena dampak akan diberikan akses ke dana bantuan pemerintah.

Thakur, sementara itu, mengatakan operasi darurat sedang berlangsung untuk memberikan bantuan segera kepada para korban.

Beberapa dari mereka yang tewas berasal dari ibu kota, Delhi, dan sedang mengunjungi desa wisata populer Chitkul, menurut surat kabar Hindustan Times.

Baca juga: Hujan Muson Picu Tanah Longsor dan Banjir, 112 Orang Tewas di India


Belum jelas apa yang menyebabkan insiden itu, tetapi peringatan risiko tanah longsor telah dikeluarkan karena diprediksi akan turun hujan lebat.

Beberapa bagian India telah dilanda tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan lebat. Pasalnya, musim hujan India berlangsung dari Juni hingga September setiap tahun.

Sedikitnya 136 orang tewas di negara bagian Maharashtra di India barat, setelah hujan membanjiri ratusan desa, menyapu rumah-rumah dan membuat penduduk telantar.

Baca juga: UPDATE Korban Tewas akibat Longsor dan Banjir di India Capai 125 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com