100 Atlet AS dalam Olimpiade Tokyo Belum Vaksin di Tengah Kekhawatiran Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 24/07/2021, 14:29 WIB
Api Olimpiade menyala saat upacara pembukaan di Stadion Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 2020, Jumat, 23 Juli 2021, di Tokyo, Jepang. AP PHOTO/CHARLIE RIEDELApi Olimpiade menyala saat upacara pembukaan di Stadion Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 2020, Jumat, 23 Juli 2021, di Tokyo, Jepang.

TOKYO, KOMPAS.com - Sekitar 100 dari 613 atlet AS yang mengikuti Olimpiade Tokyo belum melakukan vaksin Covid-19.

Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOPC) menyebutkan hal itu beberapa jam sebelum upacara pembukaan Olimpiade Tokyo dimulai pada Jumat (23/7/2021) malam waktu setempat.

Kepala medis USOPC Jonathan Finnoff mengatakan 567 atlet Amerika telah mengisi riwayat kesehatan mereka saat akan melakukan perjalanan, dan diperkirakan 83 persen dari mereka telah vaksin.

Baca juga: Pembukaan Olimpiade Tokyo Diwarnai Demo Penolakan

"Delapan puluh tiga persen adalah jumlah yang banyak dan kami cukup senang dengan itu," ucap Finnoff, seperti yang dilansir dari ABC News pada Jumat (23/7/2021).

Secara nasional, 56,3 persen orang Amerika telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Sementara itu, IOC memperkirakan ada sekitar 85 persen penduduk Desa Olimpiade yang telah divaksinasi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data itu didasarkan pada apa yang dilaporkan oleh komite Olimpiade dari masing-masing negara, tetapi bukan angka yang diverifikasi secara independen.

Baca juga: 10 Momen Unik dalam Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Namun, Finnoff mengatakan bahwa USOPC tidak membedakan perlakukannya terhadap atlet yang telah divaksin dan yang belum.

“Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menganggap semua orang berisiko, dan mengurangi risiko dengan memperkenalkan langkah-langkah mitigasi Covid-19 yang kami tahu berhasil,” katanya.

Sejauh ini, 2 atlet Amerika, yaitu Taylor Crabb seorang pemain voli pantai dan Kara Eaker, seorang pengganti di tim senam, diketahui telah dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Akhirnya Digelar di Tengah Pro-kontra

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.