Eropa Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Moderna untuk Anak Usia 12-17 Tahun

Kompas.com - 24/07/2021, 13:21 WIB
Vaksin moderna ccnull.deVaksin moderna

LONDON, KOMPAS.com - Badan Kesehatan Eropa pada Jumat (23/7/2021) telah merekomendasikan penggunaan vaksin Moderna untuk anak usia 12-17 tahun, setelah mengizinkan penggunaan untuk anak 18 tahun.

Regulator obat-obatan Uni Eropa (UE) mengatakan bahwa dalam penelitian lebih dari 3.700 anak-anak usia 12 hingga 17 tahun, menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Moderna menghasilkan respons antibodi yang aman.

Baca juga: RS di Thailand Jual Vaksin Moderna via Shopee, Ludes dalam 15 Detik

Ratusan juta dosis vaksin Covid-19 Moderna telah diberikan kepada orang dewasa, dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa vaksin 2 dosis itu sama efektifnya bagi remaja, seperti yang dilansir dari ABC News pada Jumat (23/7/2021). 

Hingga saat ini, vaksin yang dibuat oleh Pfizer dan BioNTech menjadi satu-satunya vaksin Covid-19 yang mendapatkan rekomendasi untuk digunakan oleh anak usia 12 tahun di Amerika Utara dan Eropa.

Baca juga: RS Thailand Tawarkan Vaksin Covid-19 Moderna Lewat Shopee

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat AS (FDA), sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan penggunaan vaksin Moderna pada kelompok usia yang sama dengan Pfizer dan BioNTech.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Regulator obat UE mengatakan akan terus memantau keamanan dan kemanjuran vaksin Covid-19 Moderna pada anak-anak, seperti yang digunakan di negara-negara anggota Eropa.

Baca juga: AS Segera Kirim 4 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia melalui Covax

Meskipun beberapa negara telah mengesahkan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak di bawah 18 tahun, tidak semua telah memutuskan untuk mulai menggunakannya, dengan alasan risiko minimal yang dihadapi anak-anak dari virus corona.

Di Inggris, misalnya, regulator memberikan vaksin Pfizer untuk anak berusia 12 hingga 15 tahun, tetapi pejabat kesehatan sejauh ini menolak merekomendasikan vaksin untuk siapa pun di bawah 18 tahun, kecuali mereka memiliki kondisi medis yang menjaminnya.

Baca juga: Singapura Bedakan Perlakuan untuk Penerima Vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna

Penggunaan vaksin Covid-19 Moderna relatif memiliki efek samping yang ringan, seperti lengan yang sakit, sakit kepala, dan kelelahan, baik orang usia muda maupun dewasa.

Namun, regulator AS dan Eropa memperingatkan adanya reaksi yang sangat jarang terjadi dari vaksin Moderna dan Pfizer pada usia remaja dan dewasa awal, yaitu berupa nyeri dada dan peradangan jantung.

Baca juga: Bocah 16 Tahun Suntikan Vaksin Moderna untuk Usia 18 Tahun ke Atas

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.