Kompas.com - 23/07/2021, 10:19 WIB
Para nelayan menepikan kapalnya dan berjalan di tengah kuburan massal dadakan di tepi Sungai Gangga saat pandemi Covid-19, di dekat lahan kremasi Allahabad, 25 Juni 2021. AFP PHOTO/SANJAY KANOJIAPara nelayan menepikan kapalnya dan berjalan di tengah kuburan massal dadakan di tepi Sungai Gangga saat pandemi Covid-19, di dekat lahan kremasi Allahabad, 25 Juni 2021.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India pada Kamis (22/7/2021) menolak klaim sebuah studi, yang menyatakan kematian akibat Covid-19 di sana mencapai 3,4 juta hingga 4,7 juta orang.

Angka tersebut berkali-kali lipat lebih tinggi dari data resmi yang dikelurkan, yaitu hampir 420.000.

Dikatakan juga bahwa beberapa negara bagian India baru menyesuaikan data mereka setelah terjadi tsunami Covid-19 April-Mei.

Baca juga: Studi: Kematian Covid-19 di India Capai 4,7 Juta Orang, 10 Kali dari yang Dilaporkan

Pada Selasa (20/7/2021), studi oleh kelompok riset asal Amerika Serikat yaitu Center for Global Development menunjukkan, 3,4 juta hingga 4,7 juta orang meninggal akibat Covid-19 di India, antara 8-11 kali jumlah resmi.

Jumlah itu akan membuat India sebagai negara dengan angka kematian Covid-19 tertinggi di dunia.

Saat ini pasien virus corona meninggal terbanyak ada di AS dengan 610.000 dan Brasil 545.000

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi ini terbaru yang meragukan angka resmi India karena pencatatan yang buruk.

Tetapi pemerintah India pada Kamis mengatakan, itu adalah "asumsi yang tidak berdasar bahwa kemungkinan setiap orang yang terinfeksi meninggal adalah sama di seluruh negara".

Studi tersebut, katanya, mengabaikan faktor-faktor seperti ras, etnis, konstitusi genomik suatu populasi, tingkat paparan sebelumnya terhadap penyakit lain, dan kekebalan terkait yang dikembangkan pada populasi itu.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.