Dilindungi Rompi Anti-Peluru, Istri Mendiang Presiden Moise Akhirnya Pulang ke Haiti

Kompas.com - 18/07/2021, 15:06 WIB
Dalam foto selebaran yang dirilis oleh Menteri Luar Negeri Haiti untuk Komunikasi, ibu negara Haiti Martine Moise, mengenakan rompi anti peluru dan lengan kanannya di gendongan, tiba di Bandara Internasional Toussaint Louverture, di Port-au-Prince, Haiti, Sabtu , 17 Juli 2021. APDalam foto selebaran yang dirilis oleh Menteri Luar Negeri Haiti untuk Komunikasi, ibu negara Haiti Martine Moise, mengenakan rompi anti peluru dan lengan kanannya di gendongan, tiba di Bandara Internasional Toussaint Louverture, di Port-au-Prince, Haiti, Sabtu , 17 Juli 2021.

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Istri mendiang presiden Haiti yang terbunuh Jovenel Moise, kembali ke Haiti pada Sabtu (17/7/2021), setelah dirawat di Florida karena luka yang dideritanya dalam serangan yang menewaskan suaminya.

Martine Moise (47 tahun), menggunakan rompi anti peluru dengan penyangga untuk lengan kanannya.

Baca juga: Pemakaman Presiden Haiti Ditetapkan, Mantan Presiden Aristide Pulang Disambut Meriah

Dia diterima di bandara Port-au-Prince oleh perdana menteri sementara Claude Joseph, menurut kicauan Mentri Luar Negeri untuk Komunikasi Haiti, Frantz Exantus.

Dalam video yang di unggah ke media sosial, di bawah langit kelabu dan diterpa angin kencang, ibu negara Haiti itu dengan hati-hati menuruni tangga pesawat, sebelum berjabat tangan dengan mereka yang berkumpul untuk menyambutnya.

"Ibu negara ... baru saja tiba di Haiti untuk mengambil bagian dalam persiapan pemakaman kenegaraan" mendiang suaminya, tulis Exantus, dalam unggahannya dengan foto Martine Moise turun dari pesawat pribadi ditemani oleh beberapa agen keamanan.

Dia telah menghabiskan 10 hari di rumah sakit di Miami, Florida, di mana diterbangkan untuk menjalani perawatan setelah suaminya ditembak mati di rumah mereka pada dini hari Rabu (7/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Upacara pemakaman kenegaraan akan berlangsung pada 23 Juli di Cap-Haitien, sebuah kota bersejarah di utara Haiti, yang kini mengalami masalah keamanan sejak Moise terbunuh.

Baca juga: Mantan Pejabat Kementerian Kehakiman Diduga Dalang Pembunuhan Presiden Haiti

Sehari sebelum kembalinya janda Moise, Joseph telah berjanji keadilan akan ditegakkan atas pembunuhan presiden.

Kepala polisi Leon Charles mengatakan pada konferensi pers Jumat (17/7/2021) bahwa pihak berwenang Haiti "bekerja dengan badan-badan internasional yang mengkhususkan diri dalam penyelidikan peradilan, seperti FBI (Biro Investigasi Federal AS), Interpol dan badan-badan lain yang ada di lapangan untuk menganalisis semua bukti. .. untuk melacak dalang pembunuhan itu."

Penyembuhan untuk Haiti

Pada Kamis (15/7/2021), bersama dengan gambar pertama Martine Moise sejak serangan itu - di rumah sakit dengan lengan yang diperban bera, ibu negara berterima kasih kepada "tim malaikat pelindung yang membantu saya melewati masa yang mengerikan ini.”

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.