Kompas.com - 14/06/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi alam semesta galaksi bima sakti NASA/GSFCIlustrasi alam semesta galaksi bima sakti

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah bintang raksasa berkedip di dekat pusat galaksi Bima Sakti baru-baru ini. Hasil pengamatan terbaru para astronom menyebutkan, bintang ini terletak lebih dari 25.000 tahun cahaya dari Bumi.

DIlansir The Hill, bintang ini dikenal sebagai VVV-WIT-08, bintang itu sangat redup sehingga hampir menghilang dari pandangan ketika para astronom mengamatinya.

Bukan hal yang aneh kalau kecerahan bintang berubah-ubah. Beberapa bintang sering kali meredup, atau cahayanya dikalahkan bintang lain. Namun, sangat jarang sebuah bintang yang redup menjadi cerah kembali.

Hal ini dalam fenomena astronomi disebut "berkedip."

Baca juga: Studi: Galaksi Bima Sakti Bengkok, Apa yang Terjadi?

Pengamatan bintang ini membuat para peneliti percaya bahwa bintang itu mungkin bisa digolongkan masuk kelas baru, yakni sistem bintang biner "raksasa berkedip".

Kelas ini mencakup bintang-bintang raksasa yang ukurannya bahkan 100 kali lebih besar dari matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pola kedip dari kelas ini, kemungkinan terjadi akibat piringan material yang menyelubungi bintang raksasa.

Baca juga: Bintang Raksasa Lenyap Tiba-tiba, Ternyata Ini yang Terjadi

Studi tentang bintang raksasa ini sudah dipublikasikan pada Jumat (11/06/2021) di Notices of the Royal Astronomical Society.

Pusat galaksi, menurut peneliti, adalah wilayah padat yang mencakup lubang hitam supermasif, superkluster bintang, aliran gas, dan filamen magnet. Penemuan bintang raksasa di antara banyak hal tersebut, jadi hal yang menggembirakan.

"Sungguh menakjubkan bahwa kami baru saja mengamati objek gelap, besar, dan memanjang yang melintas di antara kami dan bintang yang jauh. Kami hanya dapat berspekulasi dari mana asalnya," kata rekan penulis studi astronomi observasional Universitas Edinburgh, Sergey Koposov, 

Baca juga: Fenomena Langit Malam Ini, Konjungsi Bintang Raksasa Merah Pollux dan Bulan

Halaman:

Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X