Kompas.com - 18/05/2021, 21:10 WIB
Karen Nyberg memperlihatkan proses mencuci rambut di luar angkasa. Dok NASAKaren Nyberg memperlihatkan proses mencuci rambut di luar angkasa.

KOMPAS.com - Hampir semua orang jarang menyadari bahwa gravitasi sudah banyak membantu aktivitas keseharian kita.

Mulai dari aktivitas paling sepele seperti makan, minum, tidur, mandi pagi, hingga mencuci rambut. Jika gravitasi tak ada, maka semua aktivitas harian tersebut sudah pasti akan menemui jalan buntu.

Seperti para astronot yang tengah berpetualang di luar angkasa misalnya. Tanpa gravitasi, mereka harus bersusah payah menyesuaikan diri dengan cara baru ketika akan makan, minum, tidur bahkan mandi atau mencuci rambut.

Tanpa cara-cara khusus, maka mereka akan kelaparan, juga akan menemui bau badan lantaran tak bisa mandi dan membersihkan diri.

Baca juga: Tak Bisa Cuci Baju, Astronot Akhirnya Bisa Bersihkan Pakaian Dalam di Luar Angkasa

Cerita dari pengelana luar angkasa  

Ketika benak Anda sampai pada pertanyaan, bagaimanakah para astronot mencuci rambutnya secara berkala, maka Anda bisa bersyukur karena Karen Nyberg, satu dari 36 astronot NASA, mau membagi pengalamannya.

Astronot Karen Nyberg menunjukkan cara keramas di antariksa. Youtube Astronot Karen Nyberg menunjukkan cara keramas di antariksa.
Dilansir dari Reader's Digest, Karen Nyberg membagi pengalamannya tersebut dalam sebuah video berdurasi tiga menit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, Nyberg menyiapkan sekantong air hangat, handuk, sisir, dan sebotol sampo tanpa bilas.

Kemudian, air hangat akan dikucurkan ke kulit kepala. Air akan dikeluarkan sebanyak mungkin lantaran sebagian besar air akan mengambang pergi dan meninggalkan kulit serta rambut di kepala karena tak adanya gravitasi.

Air hangat ini sendiri berupa gumpalan. Jadi ketika dikucurkan, air tak bisa langsung membasahi rambut.

Nyberg harus menggunakan jari-jemari tangannya untuk meremas gumpalan air tersebut agar air bisa membasahi keseluruhan rambut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X