Kompas.com - 14/06/2021, 11:26 WIB
Foto tanggal 10 Maret 2011 memperlihatkan Joe Biden (kiri) yang kala itu menjabat Wakil Presiden Amerika Serikat, berjabat tangan dengan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin di Moskwa. RIA NOVOSTI/ALEXEI DRUZHININ via APFoto tanggal 10 Maret 2011 memperlihatkan Joe Biden (kiri) yang kala itu menjabat Wakil Presiden Amerika Serikat, berjabat tangan dengan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin di Moskwa.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mayoritas warga AS percaya kemampuan Presiden Joe Biden untuk melakukan negosiasi dengan baik pada rekan-rekan negara lainnya.

Jajak pendapat ABC News/Ipsos yang dirilis akhir pekan ini, menemukan bahwa 52 persen orang Amerika yakin Biden akan mewakili negara dengan baik.

Terutama saat Biden membuat kesepakatan dan mendiskusikan tantangan dengan para pemimpin negara lain di seluruh dunia.

Baca juga: Biden Akhirnya Cabut Larangan TikTok dkk di AS

Selanjutnya, 44 persen publik AS mengatakan bahwa di bawah Joe Biden, kepemimpinan global AS telah menguat.

36 persen sisanya mengatakan sebaliknya, bahwa AS sudah melemah.

Sementara dari sisi partisan, tiga dari 10 anggota Partai Republik menunjukkan mereka punya kepercayaan pada Biden, yang dianggap bisa melakukan hal yang benar mengenai urusan dunia secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mantan Wapres AS: Partai Republik Harus Bersatu Lawan Agenda Joe Biden

Tapi untuk masalah Rusia, 34 persen orang Amerika mengindikasikan bahwa mereka "tidak percaya sama sekali" pada kemampuan Biden untuk bernegosiasi atas nama AS dengan Presiden Rusia Vladimir Putin secara khusus.

Sisanya, menaruh kepercayaan pada Biden.

Keduanya memang dikabarkan akan melangsungkan pertemuan pada Rabu (16/6/2021) mendatang, setelah sebelumnya saling sindir.

Biden, sempat menyebut Putin sebagai "killer". Tapi Putin menanggapinya dengan santai, dan berkata bahwa "killer" adalah istilah "macho" di Hollywood.

Baca juga: Jelang Pertemuan Biden dan Putin, Ini Riwayat Perseteruan Mereka

Halaman:

Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X