Kompas.com - 04/06/2021, 15:03 WIB
Crane yang jatuh setelah ditabrak kapal kargo 80.000 ton. [SS/YOUTUBE/ON DEMAND NEWS] SS/YOUTUBE/ON DEMAND NEWSCrane yang jatuh setelah ditabrak kapal kargo 80.000 ton. [SS/YOUTUBE/ON DEMAND NEWS]

TAIPEI, KOMPAS.com - Sebuah kapal kargo 80.000 ton menyebabkan kekacauan setelah menabrak crane di dermaga pelabuhan Taiwan pada Kamis (3/6/2021).

Sebuah kapal kargo muatan besar bersiap untuk berlabuh di pelabuhan di Kaohsiung, Taiwan selatan pada Kamis pagi waktu setempat.

Namun, kapal kargo menabrak crane di atasnya hingga jatuh dan mengejutkan orang-orang di pelabuhan, menurut laporan yang dikonfirmasi oleh perusahaan pengelola pelabuhan, seperti yang dilansir dari Daily Mail pada Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Kapal Kargo Kimia Asal Singapura Tenggelam, Sri Lanka Terancam Bencana Laut Terburuk

Beredar video yang merekam momen mengerikan yang menunjukkan kapal bermuatan 80.000 ton milik Orient Overseas (International) Ltd itu menabrak derek saat hendak berbelok di dekat pelabuhan.

Dalam video itu, memperlihatkan efek domino saat kapal oleng dan menabrak sebuah crane, yang kemudian crane itu menimpa crane lainnya, sehingga ada dua crane jatuh ke tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kapal Tanker Tabrak Kapal Kargo di Jepang, 3 Awak Kapal Masih Hilang

Para pekerja yang berada di dekat situ kaget dan buru-buru menyelamatkan diri ketika balok-balok kargo mulai berjatuhan bersama dengan kapal yang oleng.

Seorang pekerja pelabuhan (58 tahun), bermarga Chang, dilarikan ke rumah sakit karena luka di lengannya. Ia tertimpa reruntuhan alat crane, menurut laporan Taiwan News.

Baca juga: Kapal Penangkap Kepiting Jepang dan Kapal Kargo Rusia Tabrakan, 3 Orang Tewas

Dilaporkan saat itu, ada 2 insinyur terjebak di atas crane pelabuhan yang tertabrak dan harus segera diselamatkan.

Kedua insinyur yang terjebak diidentifikasi adalah seorang pria berusia 33 tahun bermarga Lin dan seorang pria berusia 31 tahun bermarga Yang.

Baca juga: Bajak Laut Bunuh Seorang Pelaut dan Culik 15 Awak dari Kapal Kargo Turki

Tim penyelamat menggunakan jib crane tipe 60 meter untuk dapat menarik dua orang itu keluar dari atas crane.

Para saksi mata kejadian mengatakan kedua pria itu tampak sangat terguncang setelah mereka ditarik keluar dari reruntuhan, tetapi kondisi mereka tidak terluka parah.

Taiwan International Ports Corp Ltd yang dikelola negara menyatakan bahwa lokasi kapal kargo menabrak crane tersebut, untuk sementara ditutup.

Baca juga: Israel Balas Dendam, Serang Kapal Kargo Iran di Laut Merah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.