Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapal Kargo 80.000 Ton Tabrak Crane di Pelabuhan Taiwan

TAIPEI, KOMPAS.com - Sebuah kapal kargo 80.000 ton menyebabkan kekacauan setelah menabrak crane di dermaga pelabuhan Taiwan pada Kamis (3/6/2021).

Sebuah kapal kargo muatan besar bersiap untuk berlabuh di pelabuhan di Kaohsiung, Taiwan selatan pada Kamis pagi waktu setempat.

Namun, kapal kargo menabrak crane di atasnya hingga jatuh dan mengejutkan orang-orang di pelabuhan, menurut laporan yang dikonfirmasi oleh perusahaan pengelola pelabuhan, seperti yang dilansir dari Daily Mail pada Kamis (3/6/2021).

Beredar video yang merekam momen mengerikan yang menunjukkan kapal bermuatan 80.000 ton milik Orient Overseas (International) Ltd itu menabrak derek saat hendak berbelok di dekat pelabuhan.

Dalam video itu, memperlihatkan efek domino saat kapal oleng dan menabrak sebuah crane, yang kemudian crane itu menimpa crane lainnya, sehingga ada dua crane jatuh ke tanah.

Para pekerja yang berada di dekat situ kaget dan buru-buru menyelamatkan diri ketika balok-balok kargo mulai berjatuhan bersama dengan kapal yang oleng.

Seorang pekerja pelabuhan (58 tahun), bermarga Chang, dilarikan ke rumah sakit karena luka di lengannya. Ia tertimpa reruntuhan alat crane, menurut laporan Taiwan News.

Dilaporkan saat itu, ada 2 insinyur terjebak di atas crane pelabuhan yang tertabrak dan harus segera diselamatkan.

Kedua insinyur yang terjebak diidentifikasi adalah seorang pria berusia 33 tahun bermarga Lin dan seorang pria berusia 31 tahun bermarga Yang.

Tim penyelamat menggunakan jib crane tipe 60 meter untuk dapat menarik dua orang itu keluar dari atas crane.

Para saksi mata kejadian mengatakan kedua pria itu tampak sangat terguncang setelah mereka ditarik keluar dari reruntuhan, tetapi kondisi mereka tidak terluka parah.

Taiwan International Ports Corp Ltd yang dikelola negara menyatakan bahwa lokasi kapal kargo menabrak crane tersebut, untuk sementara ditutup.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/04/150339370/kapal-kargo-80000-ton-tabrak-crane-di-pelabuhan-taiwan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke