Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir 500.000 Orang Tewas Selama 10 Tahun Konflik Suriah

Kompas.com - 01/06/2021, 19:40 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

DAMASCUS, KOMPAS.com - Perang satu dekade di Suriah telah menewaskan hampir setengah juta orang, setelah jumlah korban baru yang mencakup 100.000 kematian baru-baru ini dikonfirmasi.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM) yang berbasis di Inggris mengatakan, konflik telah merenggut 494.438 nyawa sejak meletus pada 2011, dengan penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah.

Baca juga: Presiden Suriah Bashar al-Assad Menang Pemilu dengan 95,1 Persen Suara

Penghitungan sebelumnya, yang dikeluarkan oleh Observatorium pada Maret tahun ini, mencapai lebih dari 388.000 orang tewas.

Pemantau perang sejak itu mengonfirmasi tambahan 105.015 kematian, setelah berbulan-bulan upaya dokumentasi yang didukung oleh jaringan sumbernya di lapangan.

"Sebagian besar kematian ini terjadi antara akhir 2012 dan November 2015," kata kepala Observatorium Rami Abdel Rahman kepada AFP, merujuk pada penambahan terbaru pada Selasa (1/6/2021).

Dari kematian yang baru-baru ini dikonfirmasi, lebih dari 42.000 adalah warga sipil. Kebanyakan dari mereka tewas di bawah penyiksaan di penjara rezim Suriah, menurut pemantau.

Abdel Rahman mengatakan bahwa jeda dalam pertempuran memungkinkan organisasinya menyelidiki laporan kematian. Terutama yang tidak dimasukkan dalam penghitungan keseluruhan, karena kurangnya dokumentasi.

"Ini memberi kami kesempatan untuk mendokumentasikan puluhan ribu kasus yang kami kekurangan bukti," katanya.

Dengan pasukan pemerintah telah merebut kembali sebagian besar wilayah Suriah, dan gencatan senjata masih berlangsung di sepanjang garis depan utama di wilayah Idlib di barat laut, tingkat kekerasan berada pada titik terendah sejak dimulainya konflik.

Baca juga: Perkuat Kehadiran Militer di Mediterania, Rusia Kirim 3 Bomber Kelas Berat ke Suriah

Kematian penjara

Angka-angka baru yang diterbitkan oleh Observatorium menjadikan total korban tewas warga sipil menjadi 159.774. Serangan oleh pasukan pemerintah Suriah dan milisi sekutu menjadi penyebab mayoritas kematian.

Observatorium juga mendokumentasikan total setidaknya 57.567 kematian di penjara, dan pusat penahanan pemerintah sejak 2011. Jumlah itu naik dari 16.000 kematian yang sebelumnya dikonfirmasi dan dilaporkan pada Maret.

Laporan itu juga mencatat 168.326 kematian di antara tentara Suriah dan milisi sekutu, dengan pasukan Suriah terhitung lebih dari setengah penghitungan itu.

Konflik tersebut telah menewaskan 68.393 ekstremis. Sebagian besar anggota kelompok Negara Islam atau organisasi yang terkait dengan Al-Qaeda. Selain itu ada 79.844 pemberontak lainnya.

Kesepakatan yang ditengahi oleh Turki dan Rusia pada Maret 2020 membekukan serangan pemerintah di daerah kantong Idlib, yang dikuasai pemberontak.

Serangan di wilayah itu dikhawatirkan banyak orang akan menyebabkan penderitaan manusia dalam skala, yang belum terlihat dalam konflik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com