Serrana, Kota Paling Sehat di Tengah Ancaman Covid-19 di Brasil

Kompas.com - 01/06/2021, 18:04 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

SERRANA, KOMPAS.com - Serrana, sebuah kota di Negara Bagian Sao Paulo, Brasil tenggara, alami penurunan 95 persen kasus kematian akibat Covid-19 pasca lakukan vaksinasi pada hampir semua orang dewasa.

Dilaporkan TV Globo yang dikutip Reuters pada Minggu (30/5/2021), Serrana yang punya penduduk 45.000 jiwa, termasuk wilayah paling sehat di Brasil.

Sejauh ini, Brasil masih jadi negara dengan ancaman wabah corona paling mematikan kedua di dunia. 461.000 kematian sudah dilaporkan. Kecepatan imunisasi juga sangat lambat karena kurangnya vaksin.

Baca juga: Krisis Covid-19 Terjadi di Brasil, Presiden Jair Bolsonaro Disebut Bertanggung Jawab

Serrana menjadi subjek penelitian Instituto Butantan, yang memproduksi vaksin Coronavac yang dikembangkan oleh China's Sinovac Biotech (SVA.O) di Brasil.

Ketika vaksinasi dimulai, Serrana memang sempat mengalami peningkatan kasus Covid-19. Tapi penyebaran virus dapat dikendalikan setelah 75 persen populasi diimunisasi. 

Baca juga: Terkendala Diskusi, Pengiriman Vaksin ke Korea Utara Kembali Ditunda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para ilmuwan sempat membagi kota itu menjadi empat wilayah, yang bertujuan untuk memahami wilayah mana yang bisa menahan penyebaran virus. Mereka akhirnya menemukan bahwa Serrana bisa dikendalikan setelah tiga wilayah menerima dosis kedua.

Jumlah kasus bergejala pun juga terus turun sampai 80 persen dan rawat inap 86 persen. Kematian akibat Covid-19 turun sampai 95 persen. Ini didapat dari data yang diberikan pada TV Globo.

Baca juga: Vaksin Merah Putih Unair Lolos Uji Praklinik 1, Lanjut Uji Praklinik 2

Serrana dikelilingi kota-kota yang masih menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Kota Ribeirao Preto, yang berlokasi 15 mil jauhnya dari Serrana, bahkan sedang menjalani lockdown untuk menahan penyebaran COVID-19.

Hal serupa juga berlangsung di kota lain, yakni Sao Paulo, yang merupakan negara bagian terkaya di Brasil. Sementara kota lainnya yakni Botucatu, mengharapkan untuk mengimunisasi sebagian besar dari 148 ribu penduduknya dengan vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Vaksin Tingkatkan Kekebalan Alami Terhadap Virus SARS-CoV-2, Studi Jelaskan

Di sisi lain, Pemerintah Brasil masih terkesan setengah-setengah dalam mengatasi Covid-19. Bahkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro sempat memimpin demo menolak lockdown yang dilakukan pemerintah daerah pada Minggu (25/5/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.