Kompas.com - 31/05/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi sapi ShutterstockIlustrasi sapi

SAN LUIS, KOMPAS.com - Sebuah kota pedesaan di Filipina mengadakan undian bagi peserta vaksinasi Covid-19, dan pemenangnya akan mendapat sapi.

Mulai Juli 2021 siapa pun yang disuntik vaksin virus corona di San Luis, provinsi Pampanga, berhak mengikuti undian bulanan dengan hadiah seekor sapi seharga sekitar 30.000 peso (Rp 9 juta).

Rencana pengundian itu disampaikan oleh Wali Kota San Luis, Jayson Sagum, kepada AFP pada Jumat (27/5/2021).

Baca juga: Ikut Vaksinasi Covid-19 di Thailand Bisa Dapat Hadiah Sapi

Pengundian akan diadakan selama satu tahun, yang diharapkan Sagum akan cukup lama membuat sebagian besar orang dewasa di kota berpenduduk 60.000 jiwa itu divaksinasi.

"Kami tahu orang Filipina suka permainan untung-untungan," kata Sagum sambil berharap menemukan penyumbang yang bersedia membelikan atau memberi dana untuk membeli sapi.

Ia melanjutkan, baru tiga persen penduduk San Luis yang sudah divaksin karena kurangnya stok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Survei juga menunjukkan sekitar separuh dari lansia di kota itu takut divaksin, karena beredar laporan efek-efek samping yang menyakitkan.

Para pejabat kota pun telah mempertimbangkan hadiah uang tunai, paket makanan, bahkan perhiasan untuk memotivasi orang mau disuntik vaksin corona.

Namun pilihan akhirnya jatuh ke sapi, karena warga San Luis banyak mencari nafkah dengan menanam padi, beternak bebek, dan ikan nila.

Baca juga: Politisi India Ini Mengaku Tak Kena Covid-19 karena Minum Kencing Sapi

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X