Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budaya Indonesia Tebar Pesona di Tanzania, Mulai dari Makanan hingga Tarian

Kompas.com - 31/05/2021, 13:38 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

DAR ES SALAAM, KOMPAS.com - KBRI Dar es Salaam pada Sabtu (29/5/2021) menyelenggarakan acara 2nd Indonesian Cultural Day (ICD) di Dar es Salaam, Tanzania.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 200 orang warga Tanzania yang terdiri dari beragam latar belakang, antara lain mahasiswa, pemerintahan, sejumlah organisasi seni, budaya, dan kepemudaan Tanzania, serta Duta Besar dari negara sahabat.

Hon Pauline Philipo Gekul, Wakil Menteri Informasi, Seni, Budaya, dan Olahraga Republik Persatuan Tanzania, hadir sebagai Tamu Kehormatan dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: KBRI Roma Jalankan Kegiatan Idul Fitri dengan Prokes Ketat

Dalam sambutan pembukaannya, Dubes RI untuk Tanzania Prof Dr Ratlan Pardede menekankan pada banyaknya persamaan kebudayaan Indonesia dan Tanzania yang tercipta melalui sejarah interaksi yang terjadi ratusan tahun lampau.

Persamaan tersebut antara lain hubungan batik dan kitenge (kain yang sangat popular di Afrika timur, termasuk Tanzania), penggunaan rempah-rempah, gaya musik tradisional, dan lain-lain.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kebudayaan kedua negara unik, namun memiliki banyak persamaan aspek yang dapat beresonansi dan berhibridisasi secara indah dengan satu sama lain,” demikian disampaikan Dubes RI Dar es Salaam dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Kemudian Wamen Informasi, Seni, dan Budaya Olahraga Republik Persatuan Tanzania menyampaikan, hubungan bilateral RI-Tanzania yang sudah terbangun sejak lama, di mana Indonesia merupakan salah satu negara Asia pertama yang membuka hubungan diplomatik dengan Tanzania.

Selain itu, beliau juga memberi pengakuan pada kontribusi Indonesia dalam pembangunan Tanzania, termasuk pendirian Farmers Agricultural Rural Training Center di Morogoro, Mkindo.

Baca juga: KBRI Moskwa Gelar Final Permira Saat Hari Pendidikan Nasional

Suasana jalannya acara 2nd Indonesian Cultural Day (ICD) di Dar es Salaam, Tanzania.KBRI TANZANIA Suasana jalannya acara 2nd Indonesian Cultural Day (ICD) di Dar es Salaam, Tanzania.
Beliau juga menekankan besarnya potensi kerja sama di bidang sosial budaya dan pariwisata antara Indonesia dan Tanzania, serta mengundang Indonesia untuk berpartisipasi dalam Tanzanian Arts and Culture Festival yang akan diselenggarakan pada Oktober 2021.

“Bagi kami, kebudayaan Tanzania adalah sebuah simbol tekad dan kehidupan bangsa, Oleh karenanya kami mendorong Indonesia untuk melanjutkan upaya memperkuat kerja sama di bidang kebudayaan yang merupakan identitas kami,” ujarnya.

Pertunjukan kebudayaan yang ditampilkan dalam ICD 2021 menekankan pada kolaborasi kebudayaan antara Indonesia dan Tanzania, antara lain kolaborasi tarian Yapong oleh WNI dengan diiringi oleh musik tradisional Tanzania, tarian manortor oleh para peserta kursus Bahasa Indonesia di Tanzania.

Lagu-lagu daerah Indonesia seperti Keroncong Kemayoran, Yamko Rambe Yamko, dan Sik Sik Sibatumanikkam juga dibawakan dengan gaya musik Tanzania yaitu Taarab dan Zulu, serta musik yang dibawakan oleh kelompok musik Tanzania dengan personel tunanetra.

Sejumlah tarian tradisional Indonesia seperti tari Puspajali dan Roro Ngigel juga turut memeriahkan suasana.

Baca juga: KBRI Roma Adakan Kegiatan Nuzulul Quran secara Virtual

Selain itu, dalam rangka memperkuat identitas dan solidaritas negara-negara ASEAN, komunitas Filipina dan Vietnam di Tanzania juga menyumbangkan pertunjukan kebudayaan, yaitu tari Singkil (Filipina), dan peragaan busana Ao dai (Vietnam).

Dalam kesempatan tersebut, pemuda Tanzania yang merupakan alumni penerima beasiswa Indonesia serta pemuda Indonesia yang tengah menjalani program pendidikan singkat di Tanzania, juga saling bertukar pengalaman terkait hal-hal menarik positif yang dialami selama tinggal di kedua negara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com