Kompas.com - 26/05/2021, 16:29 WIB
Ilustrasi varian B.1.1.7, varian baru virus corona asal inggris disebut menjadi penyebab lonjakan kasus di Thailand. SHUTTERSTOCK/PETERSCHREIBER MEDIAIlustrasi varian B.1.1.7, varian baru virus corona asal inggris disebut menjadi penyebab lonjakan kasus di Thailand.


BANGKOK, KOMPAS.com - Distrik Mae Chaem di Provinsi Chiang Mai, Thailand Utara terdapat sebuah kampanye unik. Yakni hadiah seekor sapi jika mau menerima vaksin Covid-19.

Laporan Reuters yang dilansir CNN menyebut, penduduk distrik yang divaksinasi bisa memenangkan undian berupa seekor sapi hidup, mulai Juni sampai akhir tahun 2021.

Tawaran Ini merupakan upaya meningkatkan kampanye vaksinasi Covid-19 yang awalnya kurang diminati warga.

Baca juga: India Hentikan Ekspor Vaksin Covid-19 hingga Akhir Tahun, Apa Kabar Skema Covax

Pemenang akan dipilih secara acak setiap minggu. Nantinya, mereka akan mendapat seekor sapi muda senilai sekitar 10.000 baht atau sekitar Rp 4,5 juta.

Tentu saja kampanye ini disambut antusias warga di kota berpenduduk 43 ribu jiwa itu. Boonlue Thamtharanurak, kepala distrik setempat, bahkan mencatat lonjakan pendaftar vaksin.

"Nomor registrasi vaksin kami telah berubah. Dari ratusan menjadi ribuan dalam beberapa hari," ujar Boonlue.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Boonlue juga menambahkan, para penduduk desa kebanyakan memang menyukai sapi. Mereka biasa menjual sapi untuk mendapat uang.

"Inilah yang membuat Distrik Mae Chaem berinisiatif menghadiahi hewan mamalia ternak ini," tambah Boonlue

Selain Chiang Mai, banyak provinsi di Thailand beramai-ramai memberi intensif kreatif yang bertujuan meningkatkan pendaftaran vaksin. Tak hanya sapi, ada pula hadiah berupa kalung emas, kupon diskon toko, sampai pemberian uang tunai.

Sampai hari ini, setidaknya 1,64 juta dari 66 juta penduduk Thailand telah menerima dosis vaksin pertama mereka. Lebih dari 7 juta penduduk juga sudah mendaftar.

"Negeri Gajah Putih" memang sedang dihinggapi kekhawatiran menghadapi wabah virus corona terbesar sejauh ini.

Tercatat ada 119.585 kasus dan 703 kematian dalam dua bulan terakhir. Membuat pemerintah semakin menggencarkan vaksinasi massal dengan segala upaya kreatif.

Baca juga: AS Bersedia Berbagi Vaksin Covid-19 dengan Korea Utara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.