Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menolak Mundur, Hamas Ancam Serangan Balas Dendam ke Israel

Kompas.com - 20/05/2021, 07:48 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber The Sun

GAZA, KOMPAS.com - Hamas mengancam Israel dengan serangan roket balas dendam di Tel Aviv setelah "150 militannya" dimusnahkan selama pertempuran di Jalur Gaza.

Harapan gencatan senjata telah menyusut setelah Israel meningkatkan agresinya. “Negeri Zionis” menyerang blok menara lain yang menampung kementerian dalam negeri pemerintah Hamas pada Senin (17/5/2021).

Baca juga: POPULER GLOBAL: Lonjakan Kasus Covid-19 Malaysia | Pengakuan Mantan Pilot AU Israel

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan telah membunuh lebih dari "150 operasi teroris," mayoritas dari Hamas.

Mereka juga mengklaim telah menghancurkan sembilan mil terowongan bawah tanah di Kota Gaza.

Tapi Hamas tidak menganggap enteng serangan udara tanpa henti itu. Kelompok ini berjanji untuk menempatkan Tel Aviv kembali di antara target roket Hamas.

“Kami akan menempatkan Tel Aviv kembali di antara target roket kami. Anda telah diperingatkan." tulis sebuah pernyataan dari kelompok militan tersebut melansir The Sun pada Selasa (18/5/2021).

Menurut para pejabat, 212 warga Palestina dilaporkan tewas di Gaza, termasuk sedikitnya 61 anak-anak. Sementara lebih dari 1.400 lainnya luka-luka.

Baca juga: Di India Viral Tagar Dukungan untuk Israel, Digemakan di Bawah Pemerintahan Narendra Modi

Target serangan

Di Israel, sepuluh orang, termasuk seorang anak laki-laki berusia lima tahun, telah tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat roket yang ditembakkan dari jalur Gaza.

IDF mengatakan pihaknya menggunakan 60 pesawat, untuk menjatuhkan lebih dari 100 bom pada sedikitnya 65 sasaran selama serangan semalam di terowongan Hamas, yang dikenal sebagai "The Metro" oleh militer Israel.

Lintasan tersebut telah menjadi target utama karena disebut digunakan Hamas untuk operasi dan penyelundupan. Israel mengklaim telah menghancurkan setidaknya 62 mil terowongan.

Sebuah tweet mengejek dari IDF yang diunggah pada Selasa (18/5/2021) berbunyi: "Semalam, kami menyerang target teror di Kota Gaza: situs peluncuran roket yang ditujukan ke Tel Aviv dan di seluruh Israel, 65 target teror di sistem terowongan 'Metro' Hamas, sebuah Anti-Tank Hamas Pasukan rudal.”

"Hamas kembali membuktikan bahwa mereka sengaja menempatkan sasaran militer di wilayah sipil," bunyi pernyataan Israel.

Ini adalah permainan menyalahkan tanpa henti antar wilayah, dengan Hamas sebelumnya mengklaim serangan itu adalah "pembunuhan yang telah direncanakan sebelumnya," karena korban anak-anak terus meningkat.

Sementara kelompok teror Lebanon, Hizbullah, diyakini juga berada di balik serangan roket yang menargetkan Israel yang gagal mendarat.

Tentara Israel mengatakan pihaknya meluncurkan artileri ke Lebanon sebagai tanggapan pada Senin (17/5/2021) setelah "enam upaya peluncuran (serangan) yang gagal teridentifikasi".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com