Kompas.com - 07/05/2021, 18:57 WIB
Kapal-kapal nelayan Perancis melakukan protes di depan pelabuhan Saint Helier terkait restriksi penangkapan ikan di perairan Inggris pasca Brexit, Kamis (6/5/2021). AFP via VOA IndonesiaKapal-kapal nelayan Perancis melakukan protes di depan pelabuhan Saint Helier terkait restriksi penangkapan ikan di perairan Inggris pasca Brexit, Kamis (6/5/2021).

LONDON, KOMPAS.com - Inggris telah mengirim dua kapal perang ke Selat Inggris dalam sengketa yang meningkat dengan Perancis atas hak penangkapan ikan. Nelayan Perancis mengatakan mereka dilarang mengakses perairan di sekitar pulau Jersey, Inggris.

Lebih dari 20 kapal pukat Perancis, Kamis (6/5/2021), berlayar ke pulau itu untuk memrotes. Mereka menyalakan suar dan memasang spanduk menuntut akses ke perairan Jersey. Satu kapal Perancis sempat singgah di pelabuhan utama di pulau itu.

Baca juga: Pasca-Brexit, Inggris dan Perancis Ribut Soal Hak Penangkapan Ikan

Inggris mengerahkan dua kapal perang ke daerah itu Kamis untuk "memantau situasi." Perancis juga mengerahkan dua kapal patroli maritim ke perairan Perancis di sekitar Jersey. Kapal Inggris dan Perancis tetap terpisah sekitar 20 kilometer.

Pembicaraan antara nelayan dan otoritas Jersey untuk menyelesaikan perselisihan itu berlangsung Kamis.

Jersey berpemerintahan sendiri tetapi Inggris bertanggung jawab atas pertahanan pulau itu, yang terletak di lepas pantai utara Perancis.

Berdasar kesepakatan Brexit, keluarnya Inggris dari Uni Eropa, ada ketentuan khusus untuk daerah penangkapan ikan di pulau itu, menurut pakar perikanan James Kane dari organisasi nirlaba Inggris, Institute for Government.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbicara kepada anggota parlemen di Majelis Nasional, Menteri Maritim Perancis Annick Girardin mengancam akan memutus pasokan listrik Jersey.

Menteri Inggris Nadhim Zahawi mengatakan Kamis bahwa pemerintah akan mencari solusi atas perselisihan tersebut.

Uni Eropa mengimbau penyelesaian atas sengketa itu. Namun, menurut analis, ketegangan atas penangkapan ikan kemungkinan berlanjut karena Inggris berusaha memenuhi janji Brexit untuk "mengambil lagi kendali" atas perairan dan perbatasannya.

Baca juga: Imbas Brexit bagi Musik (1): Ed Sheeran hingga Sting Pun Waswas


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X