3 Negara Klub Pendiri ESL Kompak Lawan European Super League

Kompas.com - 20/04/2021, 11:14 WIB
Plakat berisi pesan menentang European Super League (ESL) terpasang di luar stadion Elland Road jelang pertandingan Liga Premier Inggris Leeds United vs Liverpool, pada Senin (19/4/2021). AFP PHOTO/PAUL ELLISPlakat berisi pesan menentang European Super League (ESL) terpasang di luar stadion Elland Road jelang pertandingan Liga Premier Inggris Leeds United vs Liverpool, pada Senin (19/4/2021).

LONDON, KOMPAS.com - Ketiga negara asal klub-klub pendiri European Super League (ESL) kompak menolak penyelenggaraan turnamen kontroversial tersebut, dan bakal segera bertindak untuk memblokirnya.

Inggris pada Senin (19/4/2021) berjanji melakukan apa pun yang diperlukan, dan bakal menerapkan undang-undang kompetisi guna memblokir European Super League.

Menteri Budaya dan Olahraga Inggris Oliver Dowden mengatakan, dia mengadakan pembicaraan mendesak dengan ketua Liga Primer Inggris (EPL), Federasi Sepak Bola Inggris (FA), serta Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Baca juga: Ikut Kecam European Super League, PM Inggris: Sepak Bola Hancur

"Pesan kami kepada mereka jelas: mereka mendapat dukungan penuh dari kami," katanya di parlemen yang dikutip AFP.

"Tapi jangan ragu, kalau mereka tak bisa bertindak, kami akan melakukannya."

"Kami akan melakukan segala yang diperlukan untuk mencegah hal ini terjadi," kata menteri tersebut seraya bersumpah akan menindak tegas.

Pangeran William selaku Presiden FA dan cucu Ratu Elizabeth II turut prihatin dengan wacana ESL, yang 6 dari 12 klub pendirinya berasal dari Inggris.

Keenam klub itu adalah Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham.

Baca juga: Tanggapi Kisruh European Super League, Begini Komentar Uni Eropa

Dowden melanjutkan, klub-klub EPL pendiri ESL dapat ditindak dengan UU anti-trust Inggris, yang melarang monopoli atau kartel perusahaan.

"Kami akan melakukan apa pun untuk melindungi pertandingan nasional kami," tegas Dowden.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X