Kasus Covid-19 Meningkat, Ibu Kota India Kembali Lockdown

Kompas.com - 20/04/2021, 11:07 WIB
Pekerja medis membawa jenazah korban Covid-19 di krematorium New Delhi, India, pada 19 April 2021. Ibu kota India itu menerapkan lockdown sejak Senin malam untuk mencegah kolapsnya sistem kesehatan. AP PHOTO/Manish SwarupPekerja medis membawa jenazah korban Covid-19 di krematorium New Delhi, India, pada 19 April 2021. Ibu kota India itu menerapkan lockdown sejak Senin malam untuk mencegah kolapsnya sistem kesehatan.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Ibu kota India, New Delhi, dilaporkan kembali lockdown karena kasus Covid-19 yang kembali meningkat.

Karantina wilayah itu diterapkan pada Senin malam (19/4/2021), karena rumah sakit kekurangan ranjang, obat-obatan, dan oksigen.

Sepanjang akhir pekan, pasien berbaris di luar fasilitas medis demi mendapatkan giliran untuk masuk.

Baca juga: India Kehabisan Stok Vaksin Covid-19, Pasokan Global Makin Kritis

Sementara ambulans mengantre di depan krematorium, bersiap untuk memasukkan korban meninggal Covid-19.

"Orang-orang terus berdatangan. Situasinya nyaris kolaps," kata Dr Suresh Kumar, Kepala Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash Narayan.

Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash Narayan adalah fasilitas medis terbesar di New Delhi untuk merawat pasien virus corona.

Dr Kumar menerangkan, saat ini yang dibutuhkan pasien adalah oksigen. Namun menurut Menteri Utama Delhi Arvind Kejriwal, mereka kekurangan oksigen.

Karena itu, pihaknya harus memberlakukan lockdown demi mencegah rumah sakit, yang kini mencapai batasnya, untuk kolaps.

Kejriwal mengatakan, para pasien terus masuk dan membuat ketersediaan Ruang Perawatan Intensif (ICU) menipis.

Baca juga: Belajar dari Tsunami Kasus Covid-19 di India: Terlena Pangkal Petaka

Sebagai catatan, Delhi melaporkan 25.000 kasus virus corona baru dan 161 korban meninggal pada Minggu (18/4/2201).

Halaman:
Baca tentang

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X