Ikut Kecam European Super League, PM Inggris: Sepak Bola Hancur

Kompas.com - 19/04/2021, 14:41 WIB
PM Inggris Boris Johnson berpidato saat konferensi pers di Downing Street no. 10, London, pada Rabu (30/12/2020). DAILY TELEGRAPH/HEATHCLIFF O'MALLEY via APPM Inggris Boris Johnson berpidato saat konferensi pers di Downing Street no. 10, London, pada Rabu (30/12/2020).

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris turut angkat bicara soal penyelenggaraan European Super League oleh 12 klub top Eropa.

Eks Wali Kota London tersebut berkata, penyelenggaraan European Super League dapat menghancurkan sepak bola itu sendiri.

"Rencana European Super League akan sangat menghancurkan sepak bola, dan kami mendukung otoritas sepak bola untuk bertindak," kicaunya di Twitter.

Baca juga: 12 Tim Elite Disebut Ikut European Super League, UEFA Siapkan Sanksi Tegas

Ia juga menyerukan klub-klub Inggris tidak berpartisipasi sampai mereka menjawab pertanyaan penggemar dan komunitas sepak bola yang lebih luas.

Menteri Budaya Inggris, Oliver Dowden, ikut memperingatkan bahwa keputusan sebesar apa pun harus mendapat dukungan dari penggemar.

"Dengan banyaknya penggemar, kami khawatir rencana ini bisa berujung gangguan di puncak kompetisi nasional kita," katanya dikutip dari The Independent, Senin (19/4/2021).

"Keberlanjutan, integritas, dan persaingan yang sehat sangat penting dan segala sesuatu ini sangat mengganggu dan merusak sepak bola."

"Kami memiliki piramida sepak bola di mana dana dari Liga Primer yang sukses secara global mengalir ke liga dan komunitas lokal."

"Saya akan sangat kecewa melihat tindakan apa pun yang menghancurkannya."

Baca juga: Big Six Liga Inggris Ikut European Super League, Sanksi UEFA Menanti

Ke-12 klub yang berpartisipasi di European Super League termasuk tim-tim dari Inggris yaitu Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X