Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikut Kecam European Super League, PM Inggris: Sepak Bola Hancur

Eks Wali Kota London tersebut berkata, penyelenggaraan European Super League dapat menghancurkan sepak bola itu sendiri.

"Rencana European Super League akan sangat menghancurkan sepak bola, dan kami mendukung otoritas sepak bola untuk bertindak," kicaunya di Twitter.

Ia juga menyerukan klub-klub Inggris tidak berpartisipasi sampai mereka menjawab pertanyaan penggemar dan komunitas sepak bola yang lebih luas.

"Dengan banyaknya penggemar, kami khawatir rencana ini bisa berujung gangguan di puncak kompetisi nasional kita," katanya dikutip dari The Independent, Senin (19/4/2021).

"Keberlanjutan, integritas, dan persaingan yang sehat sangat penting dan segala sesuatu ini sangat mengganggu dan merusak sepak bola."

"Kami memiliki piramida sepak bola di mana dana dari Liga Primer yang sukses secara global mengalir ke liga dan komunitas lokal."

"Saya akan sangat kecewa melihat tindakan apa pun yang menghancurkannya."

Ke-12 klub yang berpartisipasi di European Super League termasuk tim-tim dari Inggris yaitu Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham.

Keenam klub lainnya berasal dari Spanyol dan Italia, yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, Inter, dan AC Milan.

Grup olahraga di Parlemen Eropa menentang European Super League dengan menyebutnya sebagai kompetisi tertutup klub-klub super kaya, yang akan membentuk kasta istimewa di luar struktur klub Eropa.

Alison McGovern Menteri Olahraga Bayangan dari Partai Pekerja Inggris berujar, "Proposal ini akan sangat mengecewakan penggemar sepak bola dan klub yang terlibat harus segera menjauhkan diri dari mereka."

"Setiap pendekatan yang mengesampingkan penggemar - yang merupakan sumber kehidupan sepak bola - pasti gagal."

"Ini bukti lebih lanjut Pemerintah harus memenuhi janji mereka: tinjauan yang tepat dan dipimpin penggemar atas tata kelola sepak bola," pungkasnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/19/144159070/ikut-kecam-european-super-league-pm-inggris-sepak-bola-hancur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke