Kondisi Alexei Navalny Kritis di Penjara Rusia, Terancam Meninggal

Kompas.com - 18/04/2021, 10:32 WIB
Investigasi  Bellingcat dan CNN berhasil melacak data ponsel agen-agen FSB yang diduga terlibat dalam upaya penyerangan pada pimpinan oposisi Rusia, Alexey Navalny. Alexander ZemlianichenkoInvestigasi Bellingcat dan CNN berhasil melacak data ponsel agen-agen FSB yang diduga terlibat dalam upaya penyerangan pada pimpinan oposisi Rusia, Alexey Navalny.

MOSKWA, KOMPAS.com – Kondisi tokoh oposisi Rusia yang dipenjara, Alexei Navalny, dilaporkan dalam keadaan kritis.

Para dokter khawatir Navalny bisa meninggal beberapa hari mendatang bila tidak segera diberi penanganan medis sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Dilarang Akses Alquran, Alexei Navalny Bersumpah Tuntut Petugas Penjara

Para dokter mengatakan, hasil tes darah Navalny terbaru menunjukkan bahwa dia bisa menderita serangan jantung atau gagal ginjal kapan saja.

Navalny melancarkan aksi mogok makan selama 18 hari karena menuntut perawatan yang tepat untuk nyeri punggung akut dan kakinya yang mati rasa.

Awal bulan ini, dia mengeluh mengenai batuknya yang terus-menerus dengan suhu tubuh tinggi.

Baca juga: Rusia Disebut Mungkin Bunuh Alexei Navalny Perlahan-lahan dalam Penjara

Navalny merupakan seorang oposisi dan pengkritik vokal Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia dipenjara pada Februari atas tuduhan penggelapan.

Sebanyak empat dokter, termasuk dokter pribadi Navalny, Anastasia Vasilyeva, menulis surat kepada petugas penjara guna meminta izin untuk segera menemuinya.

Salinan surat tersebut difoto dan diunggah Vasilyeva di Twitter. Para dokter itu menulis, kadar potasium di dalam tubuh Navalny sangat rendah bahkan mencapai taraf yang kritis.

"Ini berarti gangguan fungsi ginjal dan masalah denyut jantung yang serius dapat terjadi setiap saat," jelas surat itu.

Baca juga: Disiksa di Penjara, Kaki dan Tangan Alexei Navalny Mati Rasa

Para dokter itu mendesak petugas penjara agar mengizinkan mereka memeriksa Navalny sesegera mungkin.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X