Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS di Samudra Pasifik

Kompas.com - 16/04/2021, 15:06 WIB
Jet tempur Mikoyan MiG-31 membawa rudal penjelajah Kinzhal yang diklaim merupakan senjata hipersonik Rusia. TASS/Alexei NikolskJet tempur Mikoyan MiG-31 membawa rudal penjelajah Kinzhal yang diklaim merupakan senjata hipersonik Rusia.

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia megerahkan jet tempur MiG-31 untuk mencegat pesawat pengintai RC-135 milik Amerika Serikat (AS).

Pesawat pengintai tersebut dilaporkan terbang di atas Samudra Pasifik di sepanjang pantai tenggara Semenanjung Kamchatka.

Baca juga: Lakukan Serbuan Terbesar, China Terbangkan 25 Jet Tempur dan Pengebom ke Taiwan

Pengerahan jet temput MiG-31 tersebut dikatakan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat (16/4/2021) sebagaimana dilansir TASS.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, mulanya sistem kontrol wilayah udara Rusia mendeteksi adanya objek udara.

Objek udara tersebut dilaporkan terbang di atas Samudra Pasifik menuju perbatasan Rusia.

Baca juga: Menhan Prabowo Subianto Bertemu Menlu Korsel, Hadiri Peluncuran Jet Tempur KF-X

"Satu unit jet tempur MiG-31 diterbangkan dari sebuah lapangan udara di wilayah Kamchatka untuk mengidentifikasi dan mengawal pesawat tersebut,” bunyi pernyataan dari Kementerian Pertahanan Rusia.

Setelah diterbangkan, pilot jet tempur MiG-31 berhasil mengidentifikasi objek udara tersebut sebagai pesawat pengintai RC-135 AS.

Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan, penerbangan jet tempur MiG-31 tersebut dilakukan dengan mematuhi aturan internasional untuk wilayah udara.

Baca juga: Pesawat Rusia Terbang Mendekat, Inggris Kerahkan Jet Tempur

Kementerian itu juga mengatakan, jet tempur MiG-31 itu berhasil mencegat pesawat pengintai RC-135 AS dan berhasil membuatnya memutar menjauh.

Setelah melakukan tugasnya, jet tempur MiG-31 tersebut kembali ke pangkalan dan berhasil mendarat dengan selamat.

Melansir Reuters, pesawat pengintai RC-135 AS tersebut tidak berhasil melanggar wilayah Rusia.

Baca juga: 2 Jet Tempur Taiwan Tabrakan, 1 Pilot Tewas, 1 Masih Hilang


Sumber TASS,Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X