Bayi di Brasil Banyak yang Meninggal karena Covid-19, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 16/04/2021, 14:23 WIB
Lucas (1 tahun) yang meninggal karena Covid-19 yang terlambat dites dan ditangani hingga alami komplikasi. [Dok.Jessika Ricarte Via BBC Indonesia] Dok.Jessika Ricarte Via BBC IndonesiaLucas (1 tahun) yang meninggal karena Covid-19 yang terlambat dites dan ditangani hingga alami komplikasi. [Dok.Jessika Ricarte Via BBC Indonesia]

BRASILIA, KOMPAS.com - Lebih dari setahun sejak pandemi terjadi, angka kematian di Brasil kini mencapai puncaknya.

Di antara yang meninggal di Brasil, ada 1.300 adalah bayi. Jumlahnya terbilang tinggi. Padahal, ada banyak bukti bahwa Covid-19 jarang menyebabkan anak-anak meninggal. 

Salah satu bayi yang menjadi korban meinggal penyakit ini adalah bayi laki-laki dari Jessika Ricarte bernama Lucas, seperti yang dilansir dari BBC Indonesia pada Kamis (15/4/2021).

Seorang dokter menolak untuk melakukan tes Covid-19 pada putra Jessika Ricarte yang baru berusia 1 tahun. Dokter itu mengatakan bahwa gejalanya tidak cocok dengan profil virus.

Dua bulan kemudian, sang putra meninggal karena komplikasi dari penyakit itu.

Jessika sulit mendapat anak, dan pernah berusaha selama dua tahun. Jessica Ricarte sudah menyerah bisa punya anak, namun kemudian dia hamil dan memberi nama bayinya Lucas.

"Namanya berarti cahaya. Dan dia cahaya dalam hidup kami. Dia menunjukkan bahwa kebahagiaan itu jauh lebih besar dari yang kita bayangkan," ungkapnya.

Baca juga: Covid-19 Makin Buruk di Brasil, Pasien Diikat dan Diintubasi Tanpa Ditenangkan

Jessika pertama kali menyadari ada yang salah ketika Lucas, yang makannya selalu banyak, kehilangan selera makan.

Awalnya dia menduga Lucas sedang tumbuh gigi. Ibu baptis Lucas, seorang perawat, mengatakan dia mungkin hanya sakit tenggorokan.

Namun setelah dia menderita demam, kemudian kelelahan, dan kesulitan bernapas, Jessika membawanya ke rumah sakit, dan meminta supaya dia dites untuk Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X